DPRD Apresiasi Perhatian Bupati, Tahun Ini Kecamatan Tasik Payawan Diguyur Anggaran Pembangunan Rp40 M

IST/BERITA SAMPIT - Yudea Pratidina

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Kamipang dihadiri Bupati Katingan Anggota DPRD Katingan Beserta Rombongan. Senin, 15 Februari 2021

Bupati Katingan Sakariyas memimpin kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2022 tingkat Kecamatan di Dapil II.

Bupati menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan dua mekanisme pertemuan, yakni secara langsung oleh peserta terbatas, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kemudian secara daring atau online melalui zoom meeting.

“Yang kita prioritaskan adalah infrastruktur jalan, karena infrastruktur jalan ini sangat menunjang perekonomian masyarakat, terkait usulan-usulan desa, tadi juga saya sampaikan agar desa sendiri bisa melaksanakan dengan menggunakan dana desa,” ucap Sakariyas.

IST/BERITA SAMPIT – Bupati Katingan saat melakukan pelantikan Damang Kepala Adat Kecamatan Tasik Payawan.

Ditempat terpisah, Anggota DPRD Katingan Dapil II Yudea Pratidina mengapresiasi kebijakan pemerintah yang komitmen meningkatkan perekonomian masyarakat melalui peningkatan infrastruktur.

“DPRD mengapresiasi perhatian pemerintah daerah atas program infrastruktur jalan, salah satunya di kecamatan Tasik Payawan yang sudah teranggarkan untuk tahun 2021 kurang lebih Rp 40 miliar,” ungkap Yudea dengan beritasampit.co.id, belum lama ini.

BACA JUGA:   Ini Sosok Camat Katingan Kuala yang Terpilih jadi Kades

Dirinya meyakini dengan meningkatnya infrastruktur jalan, maka masyarakat lokal akan lebih maksimal mengelola potensi alam yang ada di wilayah selatan Kabupaten Katingan ini seperti potensi pertanian, perikanan, dan pariwisata yang pada akhirnya peningkatan ekonomi di tengah masyarakat.

“Kita harus mendukung kebijakan yang pro dengan masyarakat, sesuai dengan Visi dan Misi Bupati, Katingan Bermartabat,” tegas ketua Fraksi PDI-P ini.

Dirinya juga berharap partisipasi dan dukungan seluruh elemen masyarakat dalam menyukseskan agenda pembangunan yang telah ditetapkan.

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah hadir. Ini membuktikan kepedulian bapak ibu akan pembangunan di daerah yang kita cinta ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Yudea mengatakan, forum Musrenbang kali ini tidak hanya dijadikan sebagai tahapan didalam proses perencanaan semata. Ia menekankan, Musrenbang tersebut agar dijadikan satu-satunya forum yang tertinggi dalam menjaring aspirasi masyarakat.

Sehingga apa yang dihasilkan merupakan kumpulan kegiatan yang akan menjadi acuan dalam penyusunan program pembangunan tahun 2022.

“Jadikan Musrenbang ini sebagai forum dan sarana tertinggi untuk menyampaikan usulan pembangunan. Kalau dulu anggota DPRD bisa bawa proposal, saat ini sudah tidak diperkenankan lagi bawa-bawa proposal,” tukasnya.

BACA JUGA:   PLN Mulai Pulihkan Gardu Listrik di Kasongan

Untuk diketahui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Katingan Tahun Anggaran 2022 mulai dilaksanakan sejak, kemarin (8/2). Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung hingga 16 Februari 2021 ini, akan dibagi dalam tiga zona.

Untuk Zona I meliputi Kecamatan Katingan HIlir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan akan dimpin oleh Sekda Katingan Drs Nikodemus MM, sejak 8 – 10 Februari 2021. Kemudian Zona II, meliputi Kecamatan Katingan Kuala, Mendawai, Kamipang dan Tasik Payawan akan dipimpin Bupati Sakariyas SE, sejak 9 -16 Februari 2021.

Selanjutnya Zona III, meliputi Kecamatan Petak Malai, Sanaman Mantikei dan Katingan Tengah berlangsung sejak 9 -11 Februari 2021. Rombongan Musrenbang akan dipimpin oleh Kepala Bappelitbang Katingan, Wim Ngantung. Terakhir untuk Zona IV, meliputi Kecamatan Bukit Raya, Katingan Hulu dan Marikit. Rombongan dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sunardi N T Litang, sejak 8 -11 Februari 2021.

(kawit/beritasampit.co.id)