Penerima Dana BST di Katingan Tahun 2021 Ada Penambahan

ANNAS/BERITA SAMPIT - Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Katingan, Arianson.

KASONGAN – Penerima dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) kepada masyarakat miskin tahun 2021 khususnya di Kabupaten Katingan pada bulan Januari sebanyak 4.567. Kemudian, untuk penerima dana BST pada bulan Februari tahun 2021 ini sebanyak 4.639.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Katingan Elmon Sianturi, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Arianson mengatakan, untuk penyaluran dana BST tersebut langsung dari Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui kantor pos.

“Dalam penyaluran BST ini di Kabupaten Katingan ada tiga kantor pos yaitu Kantor Pos Kota Kasongan Kecamatan Katingan Hilir, Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, Pegatan Kecamatan Mendawai. Jadi area inilah yang bisa diambil penyaluran dana BST oleh masyarakat yang benar terdata,” jelas Arianson, kepada wartawan media siber beritasampit.co.id, di ruang kerjanya, Jumat 19 Februari 2021.

BACA JUGA:   Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Warga di Katingan Kuala

Arianson menjelaskan, bahwa dibandingkan pada tahun 2020 lalu jumlah penerima BST ada terjadi pengurangan kurang lebih sebanyak 6 ribu. Adanya pengurangan tersebut pihaknya tidak mempunyai kapasitas melakukan pengurangan jumlah penerima BST dan itu menjadi kewenangan dari Kemensos. Pasalnya, Dinsos Katingan adalah mengekspor data dari desa dan kelurahan ke Pusdatim.

“Kemudian, dibandingkan jumlah pada bulan Januari penerima dana BST, dan untuk bulan Februari ada penambahan sedikit. Kita di Dinsos ini adalah ada yang namanya supervisor, jadi data miskin yang dari desa dan kelurahan akan merekrut masyarakat miskin baik yang sudah atau belum ataupun yang sudah mengalami kemiskinan. Karena miskin ada tiga kriteria yaitu rentan miskin, miskin dan sangat miskin,” jelasnya.

BACA JUGA:   Wakil Ketua DPRD Katingan Ajak Masyarakat Jangan Takut Divaksin

Lebih lanjut Arianson menjelaskan, untuk total jumlah data masyarakat miskin di Kabupaten Katingan yang sudah di filter bulan Oktober 2020 ada sebanyak 37.938, yaitu terdiri dari wilayah Katingan Kuala sebanyak (6.805), Mendawai (1.588), Kamipang  (1.803), Tasik Payawan (1.538), Katingan Hilir (4.799), Tewang Sangalang Garing (2.927), Pulau Malan (4.187), Katingan Tengah (4.641), Sanaman Mantikei (2. 323), Petak Malai (1.379), Marikit (2.372), Katingan Hulu (2.298) dan Bukit Raya (1.308).

“Ini untuk bulan Oktober 2020 yang sudah kami filter kemaren, nanti kami sampaikan lagi apabila bulan Januari ini kami filter lagi karena menunggu perubahan,” pungkasnya. (Annas/beritasampit.co.id).