KNPI Lamandau Mulai Musda, Dukung Persiapan Provinsi Kotawaringin

IST/BERITA SAMPIT - Musda IV DPD KNPI Kabupaten Lamandau.

NANGA BULIK – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lamandau akan menggelar musyawarah daerah (Musda) sebagai bentuk langkah penyegaran organisasi tersebut.

“Sebagai wadah berhimpun maka KNPI perlu melakukan kaderisasi. Nah, musyawarah KNPI merupakan media penyegaran organisasi,” kata Gusman Ketua KNPI Lamandau periode 2017-2020 melalui pesan WhatsApp, Minggu 21 Februari 2021.

Pelaksanaan Musda KNPI Lamandau itu dilakukan karena masa kepengurusan organisasi tersebut telah berakhir. Gusman mengatakan, persiapan Musda telah disiapkan sejak lama, dan kepemimpinan organisasi harus berganti untuk memberikan penyegaran dalam kerja organisasi.

“Alhamdulillah Musyawarah KNPI sudah mulai dilaksanakan, dan juga merupakan amanah organisasi dan satu kepantasan untuk segera dijalankan setelah beberapa kali tertunda akibat bencana yang melanda non bencana yaitu wabah virus corona,” ujar Gusman.

BACA JUGA:   Fakta Kecelakaan di Jalan Trans Kalimantan Km 7 Nanga Bulik: Bus Overkapasitas, Truck CPO Bermuatan 1200 Ugal-Ugalan

“Kader muda begitu banyak dengan potensi kepemimpinan yang dimiliki, saya pikir inilah waktunya dengan ide-ide mereka untuk membangun daerah,” lanjutnya.

Selain itu, Musda tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban pengurus dalam menjalankan roda organisasi. Dikatakan Gusman, bahwa DPD KNPI Lamandau telah menyiapkannya dan telah siap menyampaikan pertanggungjawaban pengurus.

Gusman mengemukakan, sebagai wadah keberagaman berfikir organisasi kepemudaan, maka KNPI harus diberikan kepada pemuda, agar pemuda lebih berperan dalam setiap proses termasuk proses pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

“Mari kita bersama sukseskan musda KNPI Lamandau dalam tema Menuju Kabupaten Layak Pemuda Dalam Membangun Lamandau Juara Untuk Mendukung Persiapan Provinsi Kotawaringin,” tutur Gusman.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Lamandau: Safari Ramadan Mempererat Hubungan Pemerintah dan Desa

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Musda DPD KNPI Lamandau, Hendri Irawan Firdaus juga menyampaikan bahwa KNPI sebagai wadah berhimpunnya pemuda, perlu melaksanakan musyawarah untuk memaksimalkan peran dan fungsi dalam menjalankan roda organisasi.

“Insya Allah Kami akan laksanakan pada besok hari di bulan Febuari,” ujarnya.

Menurut Hendri, pemuda perlu mengambil peran dan kontribusi nyata yang seluas-luasnya untuk menunjukkan kemampuan dan kapasitas personal yang dimiliki.

Hendri juga mengatakan untuk penyegaran organisasi KNPI sebagai wadah berhimpun pemuda, perlu melakukan kerja-kerja konkret organisasi, juga turut serta dalam memberikan ide dan gagasan bagi pembangunan Kabupaten Lamandau. (Andre/beritasampit.co.id).