Dua Bulan Lagi 40 Ton Udang Dipanen, Akan Didistribusikan ke Jakarta

PENINJAUAN : IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat meninjau Tambak Udang Vaname di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pantai Luci, Kabupaten Sukamara, Selasa 23 Februari 2021.

SUKAMARA – Dalam agenda kunjungan kerja ke Kabupaten Sukamara, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran juga meninjau Tambak Udang Vaname di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pantai Luci, Sukamara, Selasa 23 Februari 2021.

Sugianto menyampaikan bahwa dalam waktu 2,5 bulan lagi akan ada panen udang yang diperkirakan mencapai 40 ton. Hasil panen udang tersebut nantinya akan didistribusikan ke Jakarta dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian di wilayah pesisir Kalteng.

Perlu diketahui, bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah membangun percontohan Tambak Udang berkelanjutan di Desa Sungai Pasir. Program tambak berkelanjutan tersebut masuk dalam program prioritas untuk mendorong ekspor udang nasional.

BACA JUGA:   Data BPS Kalteng: Palangka Raya Mengalami Inflasi dan Sampit Deflasi

KKP membangun percontohan model klaster Tambak Udang seluas lebih dari 5 hektar dan bermitra dengan Pokdakan Mina Barokah yang dipilih sebagai pelaku utama budidaya. Selain Kabupaten Sukamara, KKP juga membangun percontohan tambak udang di 4 lokasi lain, yaitu Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Buol.

Visi Misi Sugianto Sabran dalam membangun Kalteng kedepan difokuskan untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat, tak terkecuali di Kabupaten Sukamara.

BACA JUGA:   Kementerian PUPR Diminta Presiden Bekerja Lebih Cepat Dengan Cara Extraordinary

“Kami ke Kabupaten Sukamara sesuai dengan janji kami dengan Bupati Sukamara Windu Subagio dan Wakil Bupati Sukamara Ahmadi beserta jajarannya bahwa kami akan membantu masalah infrastruktur. Jalan dari Pantai Luci ada sekitar 30 km, butuh dana sekitar 60-75 miliar,” tutur Sugianto.

Sugianto mengungkapkan, pada tahun 2022 mendatang Pemerintah Provinsi Kalteng akan menghibahkan anggarannya ke Kabupaten Sukamara untuk Proyek Multiyears. Rencananya proyek tersebut akan selesai tahun 2023. (Hardi/beritasampit.co.id).