Gubernur Kalteng Tinjau Infrastruktur, Pertanian dan Peternakan di Sejumlah Kabupaten

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat memberikan sambutan di Sukamara Ranch.

SUKAMARA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran beserta Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, mengunjungi Kabupaten Sukamara, Selasa 23 Februari 2021. Sebelumnya Sugianto juga melakukan kunjungan ke Kabupaten Kotawaringin Barat.

Dalam kegiatan itu, turut hadir juga Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, beserta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalteng Shalahuddin, Kepala Dinas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ermal Subhan, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kalteng Sunarti, dan lainnya, melihat peningkatan peternakan Sapi di Sukamara Ranch.

Di Sukamara Sugianto disambut oleh Bupati Sukamara Windu Subagio dan Wakil Bupati Sukamara Ahmadi, untuk mendiskusikan kesiapan peternakan dan pangan di wilayah Sukamara hingga infrastruktur.

Sugianto menjelaskan, bahwa kunjungan kerja tersebut untuk meninjau Infrastruktur, yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Kalteng yakni jalan dari Pangkalan Bun ke Kotawaringin Lama sampai ke Sukamara.

BACA JUGA:   Januari 2024, OJK Kalteng Memberikan Layanan Konsumen Melalui APPK

“Alhamdulillah sudah baik, akan dilakukan peningkatan bersama Kabupaten. Setelah di Sukamara nanti kami juga ke Kabupaten lainnya, untuk memantau infrastruktur dan pertanian serta peternakan di wilayah, untuk dapat kita kolaborasi dalam peningkatan perekonomian untuk masyarakat luas,” kata Sugianto.

Sugianto mengapresiasi Bupati Sukamara Windu Subagio dan Wakil Bupati Sukamara Ahmadi yang sudah mendukung dan mempercepat pembangunan di Kabupaten Sukamara bidang infrastruktur sehingga dapat terkoneksi dengan infrastruktur Provinsi yang nantinya dapat ditingkatkan lagi.

Kata Sugianto, bahwa lahan yang digunakan Sukamara Ranch yang dulu lahan tidak produktif, saat ini menjadi lahan yang produktif dari hasil peternakan. Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati serta masyarakat Sukamara yang meningkatkan infrastruktur serta bersama-sama menjaganya sehingga dapat baik.

BACA JUGA:   Dispursip Kalteng Fasilitasi Seluruh Perangkat Daerah untuk Mempelajari Aplikasi Srikandi

“Kami juga terus mendorong dalam anggaran di berbagai kabupaten, termasuk di Sukamara. Untuk lahan peternakan, yang dulunya tidak produktif saat ini sudah produktif sehingga dapat membantu perekonomian di daerah,” ucapnya.

Sugianto Sabran mengatakan, peternakan sapi di Sukamara Ranch itu menjadi proyek percontohan secara Nasional, dimana sudah ditinjau langsung oleh Mentan dan menjadikan bagian dukungan food estate di wilayah Kalteng.

“Alhamdulilah Presiden telah mempercayai Kalteng sebagai pengembangan food estate. Selain sebagai ketahanan pangan Nasional, Kalteng juga dipercayai menjadi Cadangan Pangan Strategis. Ini anugerah dan berkah di Kalteng, dan kita semua masyarakatnya. Rencana Bulan Maret mendatang, kami bersama Bupati Sukamara Windu Subagio akan menemui Menteri Pertanian, berharap agar peternakan sapi di Sukamara Ranch nantinya akan membantu menyuplai kebutuhan daging bagi daerah di luar Kalteng,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).