Koramil 1015-07/Bgd Menghadiri Rapat Penetapan KK Calon Penerima BLT-DD Desa Sumber Makmur

SAMPIT – Pemerintah Desa sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat bawah harus selalu siap menjalankan tugas dari Pemerintah Pusat, salah satunya yaitu yang berhubungan dengan terdampaknya warga masyarakat dengan adanya Covid-19 ini.

Menindaklanjuti Peraturan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia terkait prioritas Dana Desa yang digunakan untuk penanganan Covid-19 diantaranya pemberian Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) serta Surat Edaran Sekda terkait Penyaluran BLT-DD maka Pemerintahan Desa sumber makmur menyelenggarakan Rapat tentang Validasi, Finalisasi dan Penetapan Kepala Keluarga Calon Penerima BLT-DD, Senin (22/02).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat MHU(H.samsurijal), Kades sumber makmur(supriyo), Babikamtibmas sungai sampit(Aipda budi setyo), Babinsa ramil 07(Kopda tri mulyono), Ketua BPD Sumber makur (Ali marjuki).

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Pemerintah Desa wajib mengalokasikan dan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk meringankan beban masyarakat akibat adanya Covid-19. Penyaluran BLT-DD nantinya akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dalam bentuk Uang Tunai.

Keluarga yang layak dan memenuhi kriteria dalam pendataan akan mendapatkan BLT-DD yang akan diberikan sebesar Rp600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) selama 3 (tiga) bulan.

Pada saat musyawarah berlangsung, Babinsa Koramil 1015-07/Bgd Kopda tri mulyono berpesan kepada Tim Pendata yang telah melaksanakan tugasnya untuk selalu mempertimbangkan masukan dari Ketua RT selaku Tim Pendamping yang pastinya tahu persis kondisi di lingkungannya.

“Jangan ada lagi stigma di masyarakat kalau yang akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai adalah keluarganya pamong dan keluarganya Ketua RT, mari kita lakukan pendataan sesuai petunjuk dari Pemerintah Pusat dan Kabupaten”, ucap Babinsa Koramil 1015-07/Bgd Kopda tri mulyono.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Secara terpisah Danramil 1015-07/Bgd Kapten Inf Suraji mengatakan ”BLT DD merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam menyikapi wabah Covid-19 yang sangat memberikan dampak luar biasa terhadap perekonomian masyarakat , Terutama kepada masyarakat yang Ekonomi menengah kebawah.” Ujar Danramil 1015-07/Bgd Kapten Inf Suraji.

“Semoga dengan Adanya bantuan ini dapat di manfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang akan menerima, Serta harapan kita semua wabah ini segera berakhir,”tambah Danramil 1015-07/Bgd Kapten Inf Suraji. (rls)