Pemuda Karang Taruna Harap Data Penerima BST Kemensos Terus Dievaluasi

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Barito Utara, Saleh Purwanto, S.E.

PALANGKA RAYA – Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) masih terus disalurkan oleh Pemerintah melalui PT. Pos Indonesia di setiap daerah. Sehingga hal yang dianggap penting dan urgen menjadi perhatian semua pihak.

Saleh Purwanto, S.E yang merupakan Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Barito Utara menyoroti penyaluran BST ini di daerahnya, umumnya di Provinsi Kalimantan Tengah. Menurut dia pihak Dinas Sosial harus terus melakukan evaluasi data penerima BST.

“Jangan sampai ada warga masyarakat yang masih mengeluh tentang persoalan bantuan yang tidak tepat sasaran,” kata Saleh kepada media siber beritasampit.co.id, Selasa 23 Februari 2021 di Sekretariat Karang Taruna Barito Utara.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palangka Raya ini berharap Pemerintah, terutama Pemerintah Daerah harus benar-benar transparan mengenai kejelasan informasi penyaluran BST, sehingga tidak timbul masalah di tengah masyarakat.

Misalnya kata Saleh, masalah informasi prosedur  dan mekanisme penerimaan bantuan, jadwal waktu penerima bantuan dan bahkan tempat pengaduan masyarakat jika terjadi kesulitan.

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita diinginkan, kita harus merumuskan solusi secara bersama dalam mengatasi dan mengantisipasi masalah dalam penyaluran BST,” tutur Mantan Presiden BEM STIE Barito Utara ini.

BACA JUGA:   Panitia PKL 1 FEBI IAIN Palangka Raya Berikan Pembekalan untuk Mahasiswa ESY

Menurutnya, agar benar-benar tepat sasaran, keterlibatan Pemerintah Desa hingga RT dan RW dalam pendataan penerima bantuan harus optimal dilaksanakan. “Pihak di desa juga harus benar-benar bekerja maksimal dan jujur dalam pendataan penerima bantuan. Bantuan ini disalurkan pemerintah untuk masyarakat terdampak sosial ekonomi saat pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

Saleh berharap BST Kemensos ini dapat membantu meringankan beban masyarakat miskin dan menggerakkan ekonomi masyarakat hingga tingkat bawah. (Han/beritasampit.co.id).