Peran Pramuka Saat Pandemi Sejatinya Bisa Jadi Duta Perubahan

SILATURAHMI : IST/BERITA SAMPIT - Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat Silahturahmi dengan Pengurus Kwarcab Sukamara, yang digelar di Aula Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, Selasa 23 Februari 2021.

SUKAMARA – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran silahturahmi dengan Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Sukamara, yang digelar di Aula Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, Selasa 23 Februari 2021.

Ivo Sugianto Sabran menyampaikan, bahwa di tengah pandemi Covid-19 saat ini Pemerintah menerapkan Refocusing Anggaran, yang tentunya berdampak bagi kegiatan organisasi.

Menurutnya, peran Pramuka bahwa sejatinya di tengah pandemi Covid-19 untuk bisa menjadi duta perubahan, senantiasa mengedukasi lingkungan sekitar mulai dari keluarga tentang sosialisasi mengikuti protokol kesehatan yakni 4 M diantaranya menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun.

BACA JUGA:   DPRD Banjarmasin Kunker ke DPRD Kalteng

“Saya juga menyampaikan terkait protokol kesehatan, agar bisa disosialisasikan secara terus menerus kepada masyarakat. Kita aktifkan dengan mensiagakan Satgas Pramuka Peduli. Kita tingkatkan keterampilan Pramuka agar senantiasa siap jika ditugaskan dalam keadaan darurat,” kata Ivo.

Selain itu, Ivo mengatakan, fisik, jasmani dan rohani juga harus dibenteng sehingga pada saat turun lapangan sudah siap. Dia mengharapkan kedepannya ada sinergitas antara program Kwarnas, Kwarda dan Kwarcab agar silahturahmi tetap terjalin.

“Dengan Kwarcab Sukamara kita juga koordinasinya baik. Kita juga mengalokasikan dana untuk untuk memberikan sejumlah bantuan ke Kwarcab Sukamara untuk persiapan Jambore,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Dorong Keberadaan Masyarakat Hukum Adat

Mengenai usulan-usulan seperti pembangunan sanggar akan tindaklanjuti dan juga masalah dana akan diakomodir. Pada kesempatan tersebut, Ivo Sugianto Sabran juga menyerahkan bantuan berupa masker kepada Ketua Kwarcab Sukamara sebanyak 1.200 pcs.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan proposal pembangunan sanggar dari Kwarcab Sukamara kepada Kwarda Gerakan Pramuka  Provinsi Kalteng. Pihak sanggar pramuka Kwarcab Sukamara mengharapkan Kwarda Gerakan Pramuka  Provinsi Kalteng dan Pemerintah Provinsi Kalteng dapat membantu percepatan pembangunan sanggar tersebut. (Hardi/beritasampit.co.id).