CPNS Diwajibkan Jalani Proses Pelatihan Terintegrasi

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri saat menghadiri Upacara Pembukaan Latsar CPNS Pemprov Kalteng Tahun 2021 secara Virtual.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri menghadiri Upacara Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan VII serta Golongan II Angkatan VI Pemerintah Provinsi Kalteng Tahun 2021 secara Virtual, Rabu 24 Februari 2021.

Kegiatan Latsar ini bertujuan untuk membentuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional serta untuk membentuk karakter yang kuat dan sejalan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pasal 63 Ayat (3) dan (4).

CPNS wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses pelatihan terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, nasionalisme, kebangsaan serta berkarakter kepribadian yang unggul, bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

BACA JUGA:   Wakil Jaksa Agung RI Berikan Arahan kepada Kejari se-Kalteng saat Kunker di Kejati

“Terkait dengan lajunya perkembangan teknologi yang semakin canggih serta arus globalisasi sudah tidak terbendung dengan diiringi meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap perbaikan pelayanan dasar yang lebih efektif dan efisien, maka PNS harus tanggap merespon tuntutan tersebut dengan mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” jelas Fahrizal Fitri.

Saat ini dunia memasuki era revolusi industri 4.0, yakni lebih ditekankan pada pola Digital Economy, Artificial Intellegence, Big Data dan Robotic yang dikenal dengan fenomena Disruptive Innovation atau inovasi yang membantu menciptakan pasar baru, mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada, dan pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu tersebut.

BACA JUGA:   BI Kalteng Siapkan Uang Tunai Rp 1,9 Triliun pada Bulan Ramadhan dan Idulfitri

Oleh karena itu untuk menghadapi tantangan tersebut dilakukan peningkatan pengetahuan dan kemampuan serta wawasan melalui Pelatihan Dasar CPNS, dimana peserta diperkenalkan dengan nilai-nilai dasar, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta pembentukan disiplin dan Sikap Perilaku Bela Negara.

Fahrizal Fitri berharap dari adanya Latsar ini agar dapat terbentuknya PNS Berkarakter, Profesional, Mampu menjalankan fungsi sebagai perekat pemersatu bangsa dan sebagai pelayan publik. (Hardi/beritasampit.co.id).