Food Estate Kalteng Diharapkan Dapat Mencapai Target

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri saat menghadiri Penandatangan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Pemerintah Provinsi Kalteng dengan Kodam XII/Tanjungpura dan Korem 102/Panju Panjung di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri menghadiri Penandatangan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dalam hal ini adalah Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalteng dengan Kodam XII/Tanjungpura dan Korem 102/Panju Panjung, yang digelar di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu 24 Februari 2021.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan bahwa Pemprov Kalteng menyambut dengan baik program Food Estate ini. Selain itu perlu diketahui bahwa Presiden RI Joko Widodo berharap kepada Provinsi Kalteng agar menjadi lumbung pangan nasional.

“Dengan ini saya mengimbau kepada masyarakat Kalteng mari bersama-sama kita mensukseskan progam ketahan pangan ini, semoga program ini berjalan dengan lancar dan mencapai target yang kita harapkan,” kata Fahrizal Fitri.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Sementara itu Dirjen PSP Kementrian RI Sarwo Edhy menyampaikan, sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa sudah ditetapkan Provinsi Kalteng ini menjadi lumbung pangan nasional. Presiden Joko Widodo berharap agar Provinsi Kalteng bisa mencapai target yang diharapkan oleh pemerintah nasional untuk menjadi lumbung pangan.

Selain itu, Kementerian PUPR RI sudah menyampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo bahwa ada lahan di Provinsi Kalteng seluas 164.000 hektare yang siap untuk di Intensifikasi dan Ekstensifikasi guna program ketahanan pangan.

“Saya berharap kepada Instansi terkait agar bekerjasama dengan baik untuk mengelola program ketahanan pangan ini. Saya perintahkan kepada Kadis TPHP Provinsi Kalteng agar didata secara detail untuk para petani yang mendapat program pupuk gratis dari pemerintah. Tolong optimalisasi kan lahan – lahan yang masuk dalam program ketahanan pangan ini,” kata Sarwo Edhy.

BACA JUGA:   Pembangunan Pendidikan Penting Guna Optimalkan Bonus Demografi

Selain itu, lahan yang sudah siap tanam akan didukung benih dari pemerintah. Sarwo berharap program ketahanan pangan ini berjalan dengan sukses karena kedepan masyarakat Indonesia akan bertumpu pada ketahan pangan ini.

Diketahui bahwa penduduk Indonesia saat ini berjumlah sekitar 270 juta jiwa, maka dengan itu Presiden RI Joko Widodo berharap betul kepada Provinsi Kalteng agar sukses menjadi ketahanan pangan nasional. (Hardi/beritasampit.co.id).