Bupati Seruyan: Pemdes Harus Transparan Kelola Dana Desa

Bupati Seruyan Yulhaidir.//Ist-ANTARA/handout-Protokol Seruyan;

KUALA PEMBUANG – Guna menghindari penyalahgunaan anggaran Bupati Seruyan Yulhaidir menekankan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) di wilayah setempat untuk bersikap transparan dalam pengelolaan Dana Desa.

“Saya berharap pemdes bisa menerapkan transparansi dalam pengelolaan Dana Desa kepada masyarakat, sehingga mereka bisa ikut andil dalam pengawasan dan mengurangi risiko penyelewengan anggaran,” kata Yulhaidir, Kamis, 25 Februari 2021.

Dia menyebut, transparansi dalam pengelolaan Dana Desa ini sangat penting. Pasalnya, masyarakat ingin mengetahui kemana saja aliran Dana Desa itu keluar. Ini juga akan berdampak bagi pemdes, karena setiap anggaran yang dikeluarkan bisa diketahui oleh masyarakat.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Seruyan Laksanakan Ops Patuh Telabang 2021

“Kalau pemerintahannya bersih dan transparan saya yakin masyarakat desa akan merasakan manfaat pembangunan dari program-program yang telah dilaksanakan tersebut, karena masyarakat juga ikut dilibatkan,” tambahnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan, saat ini sudah banyak desa yang melakukan keterbukaan informasi terkait pengelolaan Dana Desa.

“Desa yang belum melakukan keterbukaan informasi juga bisa mencontohnya, dan saya harapkan pemdes bisa menerapkan keterbukaan informasi terkait pengelolaan Dana Desa terhadap masyarakat, sehingga ujung tombak pemerintahan itu bisa berjalan dengan lancar dan baik,” pungkasnya.