Antisipasi Karhutla, Koramil 1014 – 01/Arsel dan Polsek Arsel Gelar Patroli Bersama

PANGKALAN BUN – Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat Koramil 1014 – 01/Arut Selatan bersama Polsek Arut Selatan, bersama selalu siap melakukan sosialisasi Karhutla selalu bergerak menuju areal hutan dan lahan perkebunan milik warga, Kamis (25/2/2021).

Sinergitas Gabungan Bersama Anggota TNI/Polri Kecamatan serta Aparat Desa tersebut, Danramil 1014 – 01/Arut Selatan Lettu Inf Faturrachman, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan bertujuan menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan yang dapat menimbulkan bencana asap.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

“Kita melakukan himbauan terhadap masyarakat, agar mereka paham, bahwa membakar hutan atau membuka lahan kebun dengan cara dibakar tentunya hal ini tidak dibenarkan dan bisa mendapat sangsi pidana, sedini mungkin kita sampaikan hal ini, agar mereka memahaminya,” kata Danramil.

Menurut Faturrachman hal itu dilakukan dalam upaya mencegah karhutla dan berbagai dampak lainnya dengan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Senada, Kapolsek Arsel AKP Wilhelmus Helky juga mengatakan, Patroli tersebut akan terus dilakukan bersama tim satgas gabungan karhutla di kecamatan, guna melakukan pencegahan pada daerah yang rawan kebakaran sedini mungkin.

“Kami telah menjalin kerjasama dalam menyikapi permasalahan yang terjadi di Kecamatan Arut Selatan serta mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, tentunya tujuan ini supaya kecamatan ini ke depanya bebas dari asap,” tutup Kapolsek. (rls)