Murid SDN 7 Baamang Hilir Dilatih Merakit Robot

PELATIHAN : IST/BERITA SAMPIT - Sejumlah murid sekolah dasar saat belajar merakit robot dan pandu oleh ahlinya.

SAMPIT – Para murid SDN 7 Baamang Hilir, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), dilatih mengenal robot dan teknologi.

Pelatihan itu diprakarsai CV Berita Sampit Multimedia (BSM) sebagai perusahan yang bergerak di bidang teknologi dan informatika. Kegiatan pengenalan teknologi robotika itu digelar di rumah seorang guru kelas 5 Riska Yulianti, Sabtu 27 Februari 2021.

Pimpinan CV Berita Sampit Multimedia Agung Suryo Putra mengatakan, manfaat belajar robotika salah satunya merangsang rasa ingin tahu anak dan memacu pertumbuhan intelegensi.

“Murid juga terlatih untuk mampu berpikir secara sistematis dan terstruktur. Selain itu, juga dapat melatih kemampuan motorik halus anak, merangsang kreatifitas, kemampuan berinovasi dan kemampuan menyelesaikan masalah,” ujarnya di sela-sela memberikan pelatihan.

BACA JUGA:   Listrik Padam, Air PDAM di Wilayah Sampit Tidak Mengalir

Lebih jauh Agung menjelaskan, melalui pelatihan ini tidak secara langsung mengajak para murid untuk dapat bekerja sama sebagai sebuah tim.

“Robotik adalah tentang team work (kerja tim) dan melatih kesabaran, mengingat belajar robotik prosesnya percobaan,” kata Agung.

Sementara itu, Riska Yulianti memberikan alasan mengapa kegiatan ini diadakan di luar sekolah dan dibatasi jumlah peserta yakni, agar kegiatan dapat tetap berjalan dan tidak menyalahi aturan protokol kesehatan yang sedang berlangsung disaat sekolah sedang menjalani kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Dia menambahkan, sangat senang dapat memberikan kontribusi kepada sekolah walau dalam suasana pandemi Covid-19. Ia berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dan dapat diadakan ditiap sekolah.

BACA JUGA:   Gangguan Listrik Jadi Pekerjaan Rumah Camat Pulau Hanaut

”Saya berharap ada kesempatan lain untuk dapat mengenalkan teknologi kepada para murid SDN 7 Baamang Hilir agar tidak gagap teknologi dan dapat mempunyai literasi masa depan yang hebat,” katanya.

Terpisah, Kepala SDN 7 Baamang Hilir Hj Rusmaniah saat dihubungi wartawan media siber beritasampit.co.id memberikan apresiasi setinggi-tingginya diadakannya kegiatan ini.

“Saya merasa senang bisa bekerja sama dengan CV Berita Sampit Multimedia. Kami berharap, anak didik saya dapat didampingi dalam pengenalan robotika hingga kedepannya kami dapat mengikuti olimpiade di bidang teknologi nantinya,” harapnya. (ifin/beritasampit.co.id).