Usulan Prioritas Kecamatan GBA Diharapkan Terealisasi 40 Persen

IST/BERITA SAMPIT - Suasana Musrenbang Tingkat Kecamatan GBA yang dihadiri Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri beserta seluruh Unsur Forkopimda, Seluruh Kepala SOPD.

BUNTOK – Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kamis 25 Februari 2021, Pemerintah Kecamatan komitmen menonjolkan usulan yang menjadi prioritas untuk wilayah pedesaan, diantaranya mengenai bidang infrastruktur jalan, jembatan, fasilitas air bersih serta yang lainnya.

Sedangkan untuk Kecamatan GBA sendiri, ada 31 usulan yang terdiri dari 26 usulan dari UPTD dan UPT termasuk juga usulan dari Kedamangan.

“Adapun 5 usulan, khusus dari Kecamatan GBA sedangkan usulan dari desa ada sebanyak 99 usulan,” kata Camat GBA Yust Ellgoland, S.I.P., M.Si kepada beritasampit.co.id usai pelaksanaan kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan tersebut.

Dijelaskan dia, bahwa dalam sambutan Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri ST menyebutkan akan sarana prasarana dan infrastruktur perkantoran juga menjadi salah satu perhatiannya untuk diperbaiki sebagimana mestinya. Sebab, dengan sarana perkantoran yang memadai serta infrastruktur yang baik juga menjadi citra pemerintah, termasuk untuk pembenahan kantor-kantor Pemerintahan Desa (Pemdes) di Kecamatan GBA.

“Yang belum dibenahi agar bisa terealisasi di tahun 2022 untuk pembenahannya dalam hal ini sangat diharapkan kerjasama antara pemerintah daerah dengan pihak DPRD setempat,” katanya.

Oleh karena itu lanjut Yust Ellgoland, pihaknya berharap apa yang sudah pihaknya usulkan ini menjadi masukan bagi tim anggaran kabupaten untuk penetapan kegiatan di tahun 2022 mendatang.

Dari sekian usulan yang masuk, tidak mengesampingkan dampak dari pandemi Covid-19, karena anggaran-angaran mengalami pemangkasan, namun tetap diharapkan hal-hal yang prioritas tetap bisa terealisasi.

“Setidaknya dari 99 usulan yang telah disampaikan tersebut, minimal 40 persen bisa terealisasi dan itu sangat luar biasa ditengah kondisi keuangan kita mengahadapi pandemi Covid-19 saat sekarang ini,” ujar Yust Ellgolad.

Musrenbang tersebut dihadiri Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri ST, Wakil Ketua I DPRD Barsel H. M Yusuf Kalem, beberapa anggota DPRD Barsel, Unsur Forkopimda Barsel, anggota DPRD Barsel, seluruh Kepala SOPD, Camat GBA, seluruh Kades dan Ketua BPD, tokoh Pemuka Agama, Adat dan tokoh Masyarakat. (Ded/beritasampit.co.id).