Mendagri Minta Kepala Daerah Jadikan Pemadam Kebakaran Jadi Dinas Tersendiri

Tito Karnavian

PALANGKA RAYA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian minta kepala Dinas menjadikan Pemadam Kebakaran jadi Dinas tersendiri, permintaan ini diungkapkan Tito saat memberikan sambutan diacara peringatan HUT ke-102 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan tahun 2021 tingkat nasional.

“Oleh karena itu saya mohon kepada rekan-rekan kepala daerah, tolong berikan perhatian kepada jajaran pemadam kebakaran. Secara organisasi, kalau bisa dinas tersendiri, saya juga akan mengelurkan peraturan untuk itu. Kemudian dari segi anggarannya, agar bisa betul-betul yang memadai kebutuhan dari jajaran pemadam kebakaran sehingga mereka bisa bekerja maksimal. Salah satu pasukan terlatih kepala daerah selain Satpol PP itu adalah pemadam kebakaran,” pintanya. Senin 1 Maret 2021.

Tito menegaskan, pemadam kebakaran bukan hanya bertugas untuk memadamkan kebakaran tetapi juga mengandung misi penyelamatan. Meskipun ada badan-badan lain yang mengerjakan hal itu, tetapi pemadam kebakaran lah yang terlebih dahulu terlatih untuk tugas-tugas penyelamatan.

BACA JUGA:   LPP RRI Perlu Narasi Kebangsaan, Penjernih Informasi Publik

“Ada ataupun tidak ada pandemi, kebakaran tetap terjadi, untuk itu kita perlu beradaptasi, tentunya menggunakan perlengkapan-perlengkapan tertentu. Seperti misalnya (mengantisipasi) bagaimana kalau korbannya ada yang positif Covid-19,“ katanya.

Dirinya menilai adaptasi-adaptasi tersebut perlu dilakukan agar kalangan petugas Damkar memproteksi dirinya dan tidak tertular virus Covid-19 sehingga tugas dapat tetap dijalankan dengan maksimal tanpa terhambat adanya protokol kesehatan yang harus digunakan.

“Saya mengharapkan Damkar yang memiliki jaringan cukup luas, memiliki kemampuan anggota terlatih, memiliki peralatan yang memadai, dapat membantu pemerintah melakukan langkah-langkah membendung penularan virus Covid-19. Diantaranya adalah upaya-upaya memberi contoh pemakaian masker baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan rumah tangga masing-masing. Memberi tahu keluarga, sahabat untuk menggunakan masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan,” ucapnya.

BACA JUGA:   Lestarikan Budaya, Pelajar Antusias Belajar Bersama di Museum
IST/BERITA SAMPIT – Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri saat mengikuti Upacara Secara virtual di Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur

Untuk diketahui kegiatan disiarkan secara langsung dari Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian dan diikuti Gubernur Kalteng Sugianto Sabran diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri.

Turut hadir mendampingi Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengikuti upacara tersebut antara lain Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy dan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Provinsi Kalimantan Tengah Maria Cahaya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)