Ivo Ajak Semua Ibu Jadi Bunda Literasi Bagi Anak-anaknya

Hardi/BERITA SAMPIT - Bunda Literasi Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat memberikan paparan di acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Tahun 2021, di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng

PALANGKA RAYA – Bunda Literasi Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menghadiri acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Tahun 2021, kegiatan tersebut digelar di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kota Palangka Raya, Selasa, 2 Maret 2021.

Ivo menegaskan bahwa menumbuhkan minat dan budaya gemar membaca pada anak sejak usia dini sangat penting. Untuk itu, menurutnya para ibu memegang peran strategis sebagai agent of change atau agen perubahan, dalam melakukan sosialisasi dan menumbuhkan budaya gemar membaca dan literasi.

Terutama kepada anak-anak mulai sejak dini. Seperti diketahui, ibu merupakan perpustakaan pertama bagi anak, di mana ibu menjadi sumber informasi dan sekaligus tempat belajar pertama bagi anak.

BACA JUGA:   Suriansyah Halim Laporkan Oknum Penyidik

“Agen perubahan, di mana ibu-ibu merupakan media edukasi utama dan pertama bagi anak-anaknya. Biasanya, tadi yang saya bilang, untuk urusan mendidik anak memang bapak juga berkontribusi, tapi kontribusi lebih besar itu untuk masalah pendidikan anak biasanya pada Ibu. Karena itu tadi, ibu adalah media edukasi pertama dan utama bagi anak-anaknya,” kata Ivo.

BACA JUGA:   Sipet Hermanto Dorong Para Sarjana Mengabdi di Desa

Selain itu Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP PKK) Provinsi Kalteng ini juga mendorong sejumlah organisasi wanita, khususnya TP PKK dan Dharma Wanita, untuk turut berperan aktif dalam upaya peningkatan budaya gemar membaca dan literasi di Kalteng.

“Mulai dari provinsi, kabupaten, dan kota, hingga ke pelosok desa, dan sebagian besar mayoritas kader PKK ini juga ibu-ibu. Maka dari itu, saya dorong untuk Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita agar terus bisa mensosialisasikan untuk budaya gemar membaca,” ucapnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)