Harga Cabai Rawit Kian Pedas, Tembus Rp 130.000 Per Kilogram

M.SLH/BERITA SAMPIT - Kualitas cabai merah yang dijual di Pasar Besar Jalan Ahmad Yani Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Harga cabai rawit di Pasar Besar Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah kini tembus Rp. 130.000 per kilogram (Kg). Naiknya harga cabai diakui karena faktor cuaca dan berkurangnya pasokan produsen ke Palangka Raya.

Hal tersebut diungkapkan pedagang cabai merah di Pasar Besar Kota Palangka Raya, Sumarni (40). Dia mengatakan bahwa, naiknya harga cabai sudah berlangsung lama.

“Iya mas sudah sepuluh hari yang lalu harga cabai merah mengalami kenaikan dari harga awalnya 70 sampai 80 ribu per kilogram dan sekarang naik jadi Rp 130.000 per kilogram,” ungkap Sumarni saat berbincang dengan wartawan media siber beritasampit.co.id, di tempat jualannya Pasar Besar Kota Palangka Raya, Selasa 2 Maret 2021 malam.

Menurutnya kenaikan harga cabai belakangan ini dikarenakan kondisi cuaca yang tidak terlalu baik, sehingga pada saat musim panen cabai merah kurang dan tidak seperti biasanya.

“Karena kondisi cuaca itu mas dan juga pada saat panen sedikit, karena itulah kami menjual harga cabai merah dengan segitu, kami menjual Rp 15.000 per ons mas,” ungkap Sumarni.

M.SLH/BERITA SAMPIT – Aktivitas jual beli di Pasar Besar Kota Palangka Raya.

Sementara, berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga rata-rata cabai rawit merah secara nasional memang mengalami kenaikan sejak awal tahun 2021.

Pada 4 Januari 2021 harga rata-rata cabai rawit merah sebesar 76.850 per kg. Namun, pada tanggal 25 Februari 2021 harga rata-rata cabai merah menjadi Rp 88.750 per kg secara nasional.

Kendati demikian, saat ini harga cabai rawit merah di sejumlah daerah terpantau berada di atas rata-rata nasional. Sementara di beberapa wilayah lain, harga cabai merah berada dibawah rata-rata nasional, yakni Jawa Timur Rp 88.050 per kg, Nusa Tenggara Timur Rp 66.400 per kg, serta Sumatera Utara Rp 39.400 per kg. (M.Slh/beritasampit.co.id).