OJK Apresiasi Terbentuknya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

IST/BERITA SAMPIT - Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah Otto Fitriandy (kanan) saat menghadiri pembentukan TPAKD

PALANGKA RAYA – Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Palangka Raya resmi dibentuk berdasarkan Keputusan Walikota Nomor 188.45/63/2021 tentang Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kota Palangka Raya dan dikukuhkan pada hari ini 2 Maret 2021 lalu oleh Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, bertempat di Ruang Peteng Karuhei I.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah Otto Fitriandy, jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya, Kepala SOPD, dan pemimpin Lembaga Jasa Keuangan yang tergabung sebagai pengurus dan anggota dari TPAKD Kota Palangka Raya. Pada saat dikonfirmasi, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah Otto Fitriandy menyampaikan terkait terbentuknya TPAKD.

BACA JUGA:   Harga Bahan Pokok Meroket, Begini Upaya Dinas Ketahanan Pangan Kalteng

“Pembentukan TPAKD ini merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia pada kegiatan Rakornas TPAKD se-Indonesia yang meminta agar segera dilakukan pembentukan TPAKD untuk mempercepat perluasan akses keuangan dan mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” kata Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah Otto Fitriandy.

Otto berharap bahwa TPAKD Kota Palangka Raya dapat menjadi motor penggerak ekonomi dengan berbagai program yang akan dilaksanakan melalui berbagai cara seperti dukungan permodalan pada sektor UMKM, peningkatan kompetensi pelaku UMKM melalui berbagai pelatihan, serta membantu sisi pemasaran melalui digitalisasi pelaku UMKM yang sejalan dengan konsep Smart City yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   TNI dan Polri di Kalteng Gelar Patroli Skala Besar Pasca Penetapan Pemenang Pilkada

Dalam arahan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin menyampaikan bahwa tim ini nantinya akan bertugas melakukan perluasan dan mengupayakan penyederhanaan proses transaksi keuangan, baik pada sisi penghimpunan maupun penyaluran kredit, agar akses keuangan dapat ditingkatkan dan dimanfaatkan dengan baik oleh Masyarakat yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraannya.

Selain itu, saya juga berharap dengan adanya tim ini, maka jalur komunikasi dan koordinasi antara Pemerintah Kota dan Lembaga Jasa Keuangan akan berjalan lebih baik dan efisien. Lembaga Jasa Keuangan yang ada di Kota Palangka Raya juga diharapkan dapat memberikan peran yang lebih signifikan dalam mendukung perekonomian masyarakat serta mendorong pertumbuhan pembangunan daerah,” pungkasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)