Pemkab Mura Harus Perkuat Koordinasi Dengan Semua Pihak Cegah Karhutla

LULUS/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Murung Raya, Muhammad Nujhan.

PURUK CAHU – Anggota DPRD Murung Raya (Mura) Muhammad Nujhan mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan seluruh elemen masyarakat agar menjaga daerah yang dianggap rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terutama bagi instansi terkait yang menangani masalah Karhutla supaya melakukan pemetaan titik rawan yang menjadi langganan Karhutla seperti di wilayah Kecamatan Seribu Riam, Tanah Siang, Laung Tuhup dan Barito Tuhup Raya.

“Daerah yang rawan terjadi Karhutla harus dijaga ketat agar meminimalisir terjadinya karhutla di Kabupaten Mura,” ucap Muhammad Nujhan, Politisi Partai Demokrat, Rabu 3 Maret 2021.

Untuk mengatasi rawan Karhutla, Muhammad Nujhan yang akrab disapa Johan itu, meminta semua pihak harus saling koordinasi, mulai dari tim penanganan karhutla Pemkab Mura hingga pemerintah desa dan kecamatan.

“Instansi yang menangani ini seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mura bukan hanya memadamkan api, namun juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang larangan membakar lahan sembarangan di musim kemarau, serta meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait,” ucapnya.

Ia berharap, penanganan Karhutla lebih kepada pencegahan supaya meminimalisir kebakaran tersebut, serta mengingatkan masyarakat hingga pihak perkebunan untuk terlibat dalam pencegahan ini. (Lulus/beritasampit.co.id).