Puluhan BUMDes di Kotim Ikut Bimtek Laporan Pengelolaan Keuangan

BIMTEK : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Pengelola BUMDes saat mengikuti Bimtek laporan pengelolaan keuangan di Aula Mahaga Lewu Dinas PMD Kotim.

SAMPIT – Sekitar 11 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tersebar di 7 kecamatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek). Kali ini, para pengelola BUMDes tersebut di bimbing mengenai laporan pengelolaan keuangan.

Ysng lebih menarik, Bimtek laporan pengelolaan keuangan langsung menghadirkan perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalteng. Terselenggaranya kgiatan itu atas kerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotim. Kegiatan dipusatkan di Aula Mahaga Lewu DPMD Kotim.

BACA JUGA:   Petani Desa Rawa Sari Panen Padi Bersama, Dukung Swasembada Beras

Dalam arahannya, Kepala DPMD Kotim Hawianan menuturkan, banyak hal yang harus diberikan pembinaan karena BUMDes merupakan salah satu ujung tombak maju mundur suatu desa.

“Pelaporan mengenai keuangan masih belum lancar sehingga, sangatlah tepat diselengarakannya kegiatan ini,” ujarnya dihadapan yang hadir, Rabu 3 Maret 2021.

Sementara itu, Kepala Bidang PMD Chandra Riana Dewi menambahkan, ada beberapa tempat pelaksaan Bimtek yakni, Desa Bapeang Kecamatan MB Ketapang, Desa Bagendang Permai Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Selanjutnya di Aula Mahaga Lewu DPMD Kotim, dan akan datang di Desa Lubuk Bunter Kecamatan Cempaga dan Desa Batuah Kecamatan Seranau

BACA JUGA:   Polres Kotim Perketat Keamanan di Rumah Ibadah

Auditor perwakilan BPKP Kalteng Putut Anom Rianto menjelaskan, pihaknya hanya menargetkan sedikitnya 10 BUMDes di Kotim yang paham dan lancar dalam hal pembuatan laporan pengelolaan keuangan nantinya.

“Pelaporan pengelolaan keuangan sudah sistem online, dalam hal ini kami menggunakan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) BUMDes, pelaporan gunakan aplikasi SIA itu setahun tiga kali yakni semesteran dan tahunan,” katanya.

(ifin/beritasampit.co.id)