Cuaca di Lamandau Sering Hujan, Bupati Ingatkan Tetap Waspada Ancaman Karhutla

IST/BERITA SAMPIT : Bupati Lamandau Handra Lesamana memakakan seragam kepada anggota tanda kesiagaan anggota Karhutla.

NANGA BULIK – Kepolisian Resor (Polres) Lamandau, Polda Kalteng mengelar Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2021 Apel siaga di Lapangan Upacara Mapolres Lamandau.

Bupati Lamandau H Hendra Lesmana yang memimpin Apel Siaga Karhutla menyampaikan Kegiatan apel ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai representasi kesiapan Polri bersama TNI, Pemda, Stakeholder terkait dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Lamandau dalam menghadapi Karhutla di wilayah Kab. Lamandau.

“Meskipun saat ini kondisi cuaca di wilayah Kabupaten Lamandau masih sering terjadinya hujan, namun kewaspadaan kita terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan harus tetap dijaga jangan sampai lengah, Mari kita siapkan rencana pencegahan yang detail, sinergi penanganan yang semakin kuat serta ekskusi lapangan yang lebih efektif,” ujar Bupati Hendra Lesmana melanjutkan. Kamis 4 Maret 2021

BACA JUGA:   Antisipatif Penyalahgunaan Senjata Api Dinas, Kapolres Lamandau Gelar Pemeriksaan

Bersamaan dengan itu, Kapolres Lamandau AKBP Arif Budi Purnomo, menyampaikan bahwa tujuan Apel Siaga Bencana Karhutla di wilayah Kabupaten Lamandau Tahun 2020 ini untuk mengetahui kekuatan personil dan kesiapan sarana dan prasarana yang ada.

“Tujuan Apel Siaga Karhutla Tahun 2021 ini untuk mengetahui kekuatan personil dan kesiapan sarana yang ada dalam mengantisipasi penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Lamandau,” kata AKBP Arif.

BACA JUGA:   Tabrakan Bus Sekolah VS Truck Tangki, Puluhan Pelajar Alami Luka-luka

Apel yang dihadiri juga dari Unsur Forkopimda Kabupaten Lamandau, dinas/badan/instansi vertikal kementerian/lembaga terkait, pimpinan BUMN/BUMD dan lembaga-lembaga, pimpinan Perusahaan Perkebunan, kehutanan dan Pertambangan, Satuan Pemadam Kebakaran, Kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA), dan relawan manggala agni yang berada di wilayah Kabupaten Lamandau.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis alat pemadam api gendong kepada perwakilan Kodim 1017 Lamandau, Polres Lamandau, BPBD dan Masyarakat peduli api.

(Andre/beritasampit.co.id)