DiskominfoSantik Kalteng Ajak Orang Tua Aktif Awasi Anak Bermedia Sosial

WAWANCARA : HARDI/BERITA SAMPIT - Agus Siswadi.

PALANGKA RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Provinsi Kalimantan Tengah Agus Siswadi mengajak para orang tua untuk bisa berperan aktif mengawasi buah hatinya dalam menggunakan teknologi.

Menutunya peran orang tua sangat strategis dalam mengawasi anak dalam menggunakan internet, seperti diketahui arus informasi tak dapat dibendung. Kemajuan teknologi juga mendorong orang tua untuk melek teknologi dalam hal pengawasan bermedia sosial anak.

BACA JUGA:   Literasi Bukan Hanya Sebatas Buku, Ini Literasi Penting Dilestarikan

“Orang tua harus melek teknologi, jangan sampai orang tua gagap teknologi (gaptek) dan malah keduluan anaknya, sehingga orang tua harus mengikuti perkembangan jaman, contoh saya di rumah bikin jadwal untuk penggunaan handphone seperti jam sekolah sekian, selanjutnya kumpul handphone, dan jam selanjutnya bisa belajar lagi,” kata Agus Siswadi

Agus menjelaskan hal itu dilakukan selain menjaga kesehatan anak, juga melakukan pencegahan agar anak tidak anti sosial serta acuh kesekelilingnya dan tidak akan asik dengan dunianya sendiri.

BACA JUGA:   Mudik Lebaran Diperbolehkan, Tapi.....

“Dalam hal ini peran orang tua sangat menentukan untuk melakukan pembimbingan, memberikan pengarahan, dan yang paling penting orang tua jangan gaptek. Karena orang tua harus tahu riwayat percakapan anak, meskipun itu privasi anak, tapi itu wajib karena itu peran orang tua bagi anak,” ucapnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)