Masyarakat Barsel Diimbau Harus Ikut Andil dan Proaktif Jaga Lingkungan Dari Karhutla

CEK ALAT : IST/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir, didampingi Sekda Barsel Eddy Purwanto, Kapolres Barsel AKBP Agung Tri Widiantoro beserta seluruh jajaran Unsur Forkopimda Barsel, cek kesiapan sarana dan prasana menghadapi karhutla.

BUNTOK – Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Provinsi Kalimatan Tengah akan mengalami musim kemarau pada bulan Juni hingga September 2021 ini. Sehingga, seluruh elemen masyarakat harus selalu siap siaga menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hari ini, Kamis 4 Maret 2021 Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Kalimatan Tengah (Kalteng) serentak menggelar apel gelar personel dan Sarpras kesiapan menghadapi Karhutla. Apel di Kabupaten Barsel dipimpin Kapolres Barsel, AKBP Agung Tri Widiantoro SIK. M.H di halaman Kantor Bupati setempat.

AKBP Agung berharap mulai sekarang sudah menyiapkan sarana dan prasarana termasuk kekuatan personel. “Sehingga, apabila terjadi Karhutla di daerah yang kita cintai bersama ini maka kita semua sudah siap untuk memadamkannya,” tutur Agung.

BACA JUGA:   Akhirnya, Lima Desa di Dusun Hilir Bisa Nikmati Listrik 24 Jam

Senada yang disampaikan Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir yang mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Barsel, agar ikut andil dan proaktif untuk menjaga lingkungan serta segera melaporkannya apabila menemukan titik api.

Dengan dilaksanakannya, apel gelar personel dan Sarpras kesiapan menghadapi Karhutla ini, semua pihak selalu siap menghadapi jika terjadi bencana Karhutla, namun tetap berharap jangan sampai ada Karhutla di daerah Barsel.

BACA JUGA:   Kakek Ini Nekat Bawa Kabur dan Cabuli Anak Temannya

“Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama untuk selalu menjaga lingkungan dan bila menemukan ada titik api yang berpotensi menimbulkan Karhutla segeralah melaporkannya,” pungkas Satya Titiek Atyani Djoedir.

Sementara itu, Bagus, Bagian External Relation PT MUTU menjelaskan, untuk mendukung aksi siaga Karhutla tahun 2021 ini pihaknya telah menyiapkan Tim Emergency Respond Team (ERT) yang didukung dengan beberapa peralatan untuk menghadapi Karhutla di wilayah PT MUTU.

“Pihaknya juga, melakukan latihan bersama dengan Polsek Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA) untuk penanganan Karhutla di wilayah kerja PT MUTU,” tukas Bagus.(Ded/beritasampit.co.id).