Pemkab Sukamara Gelar Apel Kesiapan Cegah Karhutla

MENCOBA - ENN/BERITA SAMPIT - Bupati Sukamara Windu Subagio saat mencoba alat pemadam kebakaran usai apel gelar personel serta sarana dan prasarana atau Sapras dalam rangka persiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan.

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara menggelar apel gelar personel serta sarana dan prasarana atau Sapras dalam rangka persiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Sukamara Windu Subagio itu digelar di Halaman Kantor Bupati Sukamara pada Kamis 4 Maret 2021.

Selain itu apel juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dari TNI Polri, BPBD Sukamara, Balai Pengelolaan kawasan hutan wilayah Sukamara-Lamandau, Kepala Daops Manggala Agni Kalimantan III/Pangkalan Bun serta beberapa Perusahaan Besar Sawit yang ikut berkontribusi dalam upaya penanggulangan Karhutla di Sukamara.

BACA JUGA:   Petani di Pesisir Sukamara Mulai Panen Padi

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sukamara setiap tahunnya adalah kebakaran hutan dan lahan,” kata Windu Subagio.

Windu Subagio mengatakan bahwa di Kabupaten Sukamara beberapa hari terakhir ini sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan yang berdampak pada perubahan kualitas udara dan lingkungan.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upaya Semua Desa Terjangkau Sinyal Telekomunikasi

“Alhamdulillah, kemarin turun hujan yang cukup deras, sehingga mampu mengurangi kabut asap dan debu yang dapat mempengaruhi sistem pernapasan,” jelas Windu.

Dalam kesempatan itu juga Windu mengajak masyarakat di wilayah Sukamara untuk bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Tidak henti-hentinya saya mengajak kita semua, bahu membahu mencegah agar tidak terjadi karhutla, kalaupun ada, maka segera lakukan tindakan untuk menanggulangi karhutla tersebut,” tukas Windu Subagio. (enn/beritasampit.co.id).