Musim Kemarau, Warga Semakin Menjerit Melintasi Akses Jalan di Wilayah Utara Katingan

IST/BERITA SAMPIT - Warga saat menggunakan transportasi air sebagai satu-satunya akses yang dapat dilewati untuk menghubungankan trasportsi.

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Sugianto mendesak pemerintah secepatnya memperhatikan soal akses jalan di wilayah utara Kabupaten Katingan.

Permintaan ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, akses di sejumlah wilayah Kecamatan bagian utara seperti Marikit, Katingan Hulu, Sanaman Mantikei, Petak Malai dan Bukit Raya hingga saat jalan menuju wilayah tersebut belum layak.

Selama ini menurut Sugianto, masyarakat masih mengandalkan transportasi air lantaran sulitnya akses darat, kendati demikian memasuki musim kemarau panjang dari bulan Februari sampai sekarang daerah DAS Katingan Hulu, seperti jalur sungai hiran, sungai benban dan sungai Sanamang terkandala akses transportasi air.

BACA JUGA:   Antisipasi Karhutla, Ini Tugas Semua Camat Dari Wabup Katingan

“Sekarang masyarakat kita di bagian utara kesulitan transportasi, Transportasi sungai yang diandalkan juga mengalami kendala di musim kemarau, akibat debit air surut sehingga warga tidak bisa lagi pakai masin motor dan glodok pakai dopeng, terpaksa pakai mesin ces/alkon,” jelas Legislator Dapil III ini. Sabtu, 06 Maret 2021.

IST/BERITA SAMPIT – Anggota DPRD Katingan Sugianto saat melakukan Reses beberapa waktu yang lalu melewati jalur sungai

Dirinya berharap pemerintah daerah bisa mencarikan solusi terkait akses jalan ini, menurutnya bila berharap dengan APBD Kabupaten tentu tidak akan bisa tercukupi. Sehingga perlu pola kemitraan dan lobi instansi terkait dengan pemerintah pusat.

BACA JUGA:   Jaringan Blank Spot Dikeluhkan Warga, DPRD Katingan Minta Diskominfo Cari Solusi

“Besar harapan masyarakat supaya pihak pemerintah daerah, provinsi dan pusat membuka akses darat seperti pembukaan badan jalan, jembatan dan peningkatan ruas badan jalan,” terangnya.

(Kawit/beritasampit.co.id)