Barsel Siap Jadi Daerah Maju dan Mandiri, Ini Upaya Pemkab

SERAH TERIMA : IST/BERITA SAMPIT - Penyerahan Raperda tentang rencana pembangunan industri Barsel tahun 2021-2041.

BUNTOK – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Barsel Tahun 2021-2041 telah ditanda tangan Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Eddy Raya Samsuri, ST bersama Ketua DPRD Barsel M. Farid Yusran Pada Rapat Paripurna I masa persidangan I Tahun 2021, Rabu 10 Maret 2021 di Graha Paripurna DPRD Barsel.

Eddy Raya Samsuri berharap Raperda ini setelah menjadi Peraturan Daerah (Perda) nantinya dapat secara nyata mencerminkan upaya dan konsisten bersama dalam meningkatkan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Barsel.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel melalui Perda tersebut wajib berupaya meningkatkan daya saing industri melalui kebijakan strategis mendorong agar pelaku industri mampu bersinergi dan terintegrasi melalui kerjasama dengan stakeholder, dalam rangka mewujudkan industri daerah sebagai pilar dan penggerak ekonomi nasional.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

“Rencana pembangunan industri ini selama kurun waktu 20 tahun yakni dari tahun 2021 hingga tahun 2041 industri bisa berkembang di Kabupaten Barsel,” ujar Eddy.

Sesuai dengan master plan atau rencana induk yang sudah dibuat oleh Pemerintah Daerah (Pemda) bersama-sama dengan pihak DPRD setempat diharapkan pada tahap awal merancang untuk biaya dan tambahan yang lainnya, seperti industri pertanian, perikanan dan peternakan yang juga didukung oleh beberapa zona industri lainnya seperti pariwisata, pertambangan dan perkebunan pusat kelapa sawit.

Dengan adanya rencana pembangunan industri ini nantinya, Eddy berharap, Barsel sebagai baperzon dari ibukota negara dan juga baperzon dari food Estate. “Kita siap jadi daerah yang maju dan mandiri. Dengan harapan, Barsel akan menjadi daerah industri yang sangat bisa mendukung pembangunan di Kalimantan khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Barsel,” tuturnya.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

Sesuai dengan tahapan dalam lima tahun kedepan Pemkab Barsel akan merancang beberapa desain, terutama untuk industri pertanian, industri perkebunan, perikanan dan pariwisata yang memang telah diprogramkan dari beberapa Kementerian yang diharapkan juga bisa sinergi dengan program Gubernur Kalteng supaya industri yang ada di Barsel terutama untuk pariwisata bisa mendukung beberapa sektor industri seperti industri pertanian.

“Hal tersebut dalam rangka mengatasi masalah food estate yang akan kita dukung untuk Presiden RI bahkan kita juga bisa berpartisipasi di industri tersebut,” tukas Eddy Raya Samsuri. (Ded/beritasampit.co.id).