Kades di Kotim Diminta Semua Sarjana

Kepala DPMD, Hawianan,

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), berencana mewajibkan Kepala Desa (Kades) memiliki pengalaman pendidikan sarjana atau minimal strata satu. Hal itu disebut guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kedepan paling tidak jabatan Kades itu Sarjana. Nantinya kades yang hanya tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat akan diminta untuk kuliah guna mendapatkan gelar sarjana,” kata Kepala DPMD, Hawianan, Rabu 10 Maret 2021.

Dengan demikian, pemerintah setempat akan menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di Kotim untuk mewujudkan hal tersebut.

BACA JUGA:   Ini Sosok Camat Katingan Kuala yang Terpilih jadi Kades

“Kita juga akan terlebih dahulu mengumpulkan seluruh kades untuk membahas lebih lanjut terkait, biaya dan sistem kuliah ke depannya,” ungkap, Hawianan.

Terkait pendidikan kades nantinya untuk melanjutkan ke jenjang yang dimaksud. Pihaknya belum dapat memastikan apakah akan diberikan bantuan oleh pemerintah atau harus ditanggung sendiri. Pihaknya juga akan mempertimbangkan proses perkuliahan nantinya. Untuk itu Hawianan mengaku akan membahas hal tersebut lebih lanjut setelah mengumpulkan kades se Kotim.

BACA JUGA:   Bejat! Pria di Parenggean Kotim Cabuli Anak 12 Tahun

“Harapannya dengan SDM yang berkualitas atau dengan tingkat pendidikan yang tinggi akan mempermudah dalam pekerjaan dimana rata-rata saat ini menggunakan sistem teknologi yang memerlukan pengetahuan serta wawasan,” sebutnya

Selain itu juga mempermudah dalam memberikan pemahaman serta SDM tersebut mudah pula dalam menyampaikan ke masyarakat.

(RAKHMAD JIMMY)