Membaca Peluang “UANG” dari Aquascape

IST/BERITASAMPIT - Contoh Aquascape

Hobi Aquascape menggiurkan bagi siapapun yang mau berusaha memulai bisnis. Hampir setiap orang berdiam diri dan tetap di rumah saja memang menjadi pilihan bagi sebagian orang di waktu pandemi saat ini. Tapi akan sangat disayangkan, jika di rumah terus menerus jadi bikin bosan kan? Mulai dari main hape, streaming youtube, recook masakan, workout tipis tipis sampai mendekor ulang kosan.

Biar tidak bosan, untuk memberikan nuansa alami, sejuk saat dilihat kamar kosan bisa jadi alternatif. Nah, salah satu yang lagi rame atau bahasa kerennya sekarang yaitu hits tentang soal aquascape. Apa itu aquascape? Simpelnya sih kita buat landscape (bentang alam) didalam suatu akuarium menciptakan ekosistem air tawar layaknya sungai atau danau. Karena kita mau bikin landscape, harus ada tanaman, faunanya sampai tata letaknya.

Kita mulai layaknya menanam, karena ada tanaman yang mesti tumbuh, Syarat tumbuh tanaman agar bisa berfotosintesis. Ada banyak tanaman air yang sering digunakan seperti Bucephalandra, java moss, water wisteria,jungle vallisneria, kayu rasamala, ludwigia rapens dan masih banyak lagi. Media tanam ini juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

BACA JUGA:   PT. Dharma Lautan Utama Langgar Prokes, Mana Sanksi Hukumnya? (Bagian 3)

Komunitas aquascape menyebutnya soil. Soil yang dimaksud adalah tanah yang sudah diproses menjadi granula dan ditambahkan zat tertentu agar soil tidak larut dalam air. Karena ada media tanam dan tanamannya perlu asupan nutrisi untuk keduanya, biasanya menggunakan pupuk cair mengandung hara mikro dan makro bagi tanaman. Ketika media tanam sudah siap. Kita lanjut dengan langkah selanjutnya.

Ingat Aquascape butuh landscape ya. Kita mulai bikin ekosistem air tawar, danau atau apapun itu. Kalian bisa cari di Internet contoh landscape-nya, bisa dimulai dengan mengumpulkan batu batuan atau kerikil serta kayu. Bersihkan kayu dan batu agar tidak muncul lumut.
“Yang lebih penting sih memilih bahan kayu atau akar pohon yang tahan air karena terendam di waktu lama,”.

Penjelasan lebih lanjut, kita perlu tahu membuat ekosistem yang seimbang. Bagaimana itu? Seimbang dalam artian ada dekomposer yang sudah terbentuk untuk dekomposisi zat zat sisa. Jadi ada filter juga agar menyaring kotoran untuk menjaga air tetap bersih dan tanaman bisa lebih segar.

Hobi aquascape merupakan hobi yang bagi sebagian orang merupakan hiburan yang cukup menenangkan akan tetapi para penikmat aquascape banyak diantara mereka mampu membeli, akan tetapi kadang tidak mampu merawat, disisi lain banyak diantara mereka ingin membuat sesuai selera mereka dengan adanya hal itu, sebagian orang yang memiliki kemampuan dalam merakit aquascape menjadi ladang penghasilan bukan hanya bagi si perakit aquascape akan tetapi membuka peluang income tambahan bagi para peternak budidaya tanaman maupun ikan.

BACA JUGA:   Strategi Pengembangan Wisata di Desa Satiruk

Sehingga penghasilan mereka ikut bertambah, bukan itu saja kayu, tanaman air bahkan pasir memiliki nilai tambahan ekonomis yang kisaran puluhan ribu menjadi kisaran ratusan bahkan jutaan setelah disusun apik di dalam aquascape.

Kedepan diharapkan usaha usaha kecil kreatif mampu menjadi eksis dengan terus melakukan inovasi dalam pembuatannya, karena semakin unik dan bagusnya aquascape akan mampu menambah nilai jual walau dengan bahan baku yang hampir sama. Nah, Kiranya hobi semacam ini bisa agar menjaga kalian tetap sehat tidak stres selama pandemi bahkan dapat penghasilan yang baik.

Opini oleh Yanor Akhmad, Mahasiswa Yogyakarta Asal Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.