Libur Panjang, Bamsoet Minta Polisi Razia Protokol Kesehatan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (dok pribadi).

JAKARTA– Pada libur panjang akhir pekan ini, terpantau terjadi peningkatan volume kendaraan yang meninggalkan area jakarta, bogor, depok, tangerang dan bekasi (Jabodetabek).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar terus melakukan langkah antisipatif untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Terutama saat libur panjang pekan ini. Mengingat, kondisi mobilitas warga yang meninggalkan Jabodetabek terpantau meningkat setiap harinya, dihawatirkan terhadap penyebaran baik covid-19 ataupun varian baru Covid-19 B117,” ujar Bamsoet, Sabtu, (13/3/2021).

Eks Ketua DPR RI itu juga meminta pemerintah untuk terus memberikan imbauan kepada masyarakat, baik melalui media sosial, cetak maupun media siaran dan visual terkait adanya pembatasan bepergian ke luar daerah saat libur panjang akhir pekan.

“Khususnya bagi aparatur sipil negara (ASN) yang telah tertuang dalam Surat Edaran Nomor 48/KPG. 03.04/BKD. Hal tersebut bertujuan untuk menekan risiko penyebaran Covid-19,” imbuh Bamsoet.

Bamsoet berkata pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama pemerintah daerah dengan petugas gabungan untuk menggelar razia protokol kesehatan sekaligus operasi pemeriksaan surat keterangan hasil pemeriksaan antigen dengan menyebar posko razia di beberapa titik.

Hal ini sebagai upaya antisipatif dalam mencegah lonjakan kasus Covid-19 pasca libur panjang akhir pekan.

“Saya mengimbau masyarakat untuk dapat mengikuti dan mematuhi anjuran pemerintah terkait pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah selama libur panjang akhir pekan ini,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)