Tahap Kajian, Palangka Raya Akan Miliki Jalur Bagi Pesepeda

WAWANCARA : Hardi/ BERITA SAMPIT - Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng Yulindra Dedy, Senin 15 Maret 2021.

PALANGKA RAYA – Kota Palangka Raya Akan Jadi Percontohan teknis jalur-jalur bersepeda, bahkan draf peraturan walikota (perwali) tersebut telah diajukan.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng Yulindra Dedy saat berada di acara penganugerahan keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan di Aula Eka Hapakat di Kantor Gubernur Kalteng, Senin 15 Maret 2021.

“Dalam proses draf tersebut tentunya kita sudah menyampaikan hal itu ke Biro Hukum, dan kita sudah kembalikan draf perwali tersebut terkait jalur-jalur bersepeda. Untuk pelaksanaannya kita tentu harus melihat arus lalu lintasnya, karena di Kota Palangka Raya arus tidak sepadat seperti kota besar di Jakarta,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pucuk Pimpinan Kodim 1016 Palangka Raya Berganti

Dalam mengkaji hal tersebut akan dilakukan di Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) yang dimana di dalam forum tersebut bukan hanya dinas perhubungan saja yang ada tetapi pihak terkait lainnya.

Meskipun begitu pihaknya juga tetap mengimbau pengguna sepeda yang melintas di sekitar area strategis seperti area bandara, jangan mengemudikan sepedanya dengan terlalu bebas.

BACA JUGA:   Tidak Sampai Tiga Hari Jalan B. Koetin Kembali Rusak

“Sehingga untuk pesepeda di jalur strategis tersebut diharapkan dapat mengurangi aktivitasnya di jalur tersebut. Selain itu diharapkan para pesepeda dapat mematuhi aturan berlalu lintas,” jelasnya.

Dedy berharap apabila di Kota Palangka Raya sudah sukses terkait perwali jalur-jalur bersepeda juga akan mendorong di daerah lain juga untuk mengikuti hal tersebut, dengan melihat kondisi lalu lintas di setiap daerah tersebut.

(Hardi/Beritasampit.co.id)