Bupati Sebut Indek Pembangunan Manusia di Sukamara Meningkat

Bupati Sukamara Windu Subagio

SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah Bumi Gawi Barinjam mengalami kenaikan.

Tercatat bahwa pada 2020 lalu IPM Sukamara berada di peringkat ketiga terendah se Kalimantan Tengah dengan angka 68,03. Terlihat mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2019.

Dimana IPM Sukmara berada pada angka 67, 95 pada 2019 dan naik menjadi 68,03 pada 2020.

BACA JUGA:   Pj Bupati Sukamara Sampaikan LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2023 

“Jadi kita ada kemajuan satu peringkat dari tahun 2018, kita tetap bersyukur walaupun sedikit, setidaknya ada peningkatan,” kata Windu Subagio, Selasa 16 Maret 2021.

Windu menjelaskan jika kenaiakan IPM tersebut merupakan hasil dari berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam bidang kesehatan, pendidikan dan juga peningkatan ekonomi.

“Sebelumnya IPM Sukamara menduduki posisi kedua terendah di Kalimantan Tengah dan saat ini naik satu peringkat,” ucap Windu.

BACA JUGA:   Pj Bupati Sukamara Buka Pasar Ramadan 1445 Hijriah 

Indeks pembangunan manusia adalah ukuran ringkas rata-rata capaian atau keberhasilan dimensi utama pembangunan manusia yang mencakup umur panjang dan hidup sehat, mempunyai pengetahuan, dan memiliki standar hidup yang layak.

“Mudah-mudahan tahun yang akan datang IPM kita bisa kembali meningkat, yang tentunya juga harus dibarengi dengan upaya yang maksimal dari semua pihak,” tukas Windu Subagio.

(enn/beritasampit.co.id)