Mewakili Tokoh Muda, Bambang Irawan Siap Maju di Pemilihan Ketua DAD Kalteng

Bambang Irawan, Kettua Umum FORDAYAK Kalteng menyatakan siap maju sebagai Calon Ketua DAD Provinsi Kalteng (Foto Istimewa)

PALANGKA RAYA-Masa jabatan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Agustiar Sabran akan berakhir pada tahun ini. Sejumlah nama yang beredar di masyarakat sebagai calon penggganti mulai digadang-gadang.

Setidaknya ada tiga nama calon kuat pengganti dari kakak kandung Gubernur Kalteng, H Sigianto Sabran tersebut yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI asal pemilihan Provinsi Kalteng dari PDI Perjuangan.

Mereka adalah; pertama, Yuandrias. Yuandrias merupakan Purnawirawan TNI dari Kopassus dengan pangkat terakhir Kolonel. Pria kelahiran Desa Manduing Lama, Kabupaten Katingan saat ini menjabat sebagai Panglima BATAMAD Kalteng.

Kedua, Andrie Elia Embang. Andrie adalah akademisi yang menjabat sebagai Rektor Universitas Palangka Raya periode 2018–2023. Pria kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan tahun 1959 ini di kelembagaan DAD Kalteng menjabat sebagai Ketua Harian DAD Kalteng.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Ungkap Dugaan Tindak Pidana Penimbunan BBM

Ketiaga, Bambang Irawan. Bambang merupakan representatif dari kalangan muda. Ayah dua putra ini memimpin organisasi pemuda Dayak yang cukup disegani di Kalteng saat ini, yakni sebagai Ketua Umum Forum Pemuda Dayak (FORDAYAK) Kalteng.

Derasnya keinginan dari arus pemuda Dayak, Ormas dan Peguyuban agar dirinya maju sebagai calon Ketua DAD Provinsi Kalteng mewakili dari tokoh muda, Bambang Irawan menyatakan kesiapannya.

“Banyak juga dari teman-teman, Ormas dan Koalisi Ormas, dari Paguyuban menghubungi saya untuk memberikan dukungan, moril mereka terhadap pencalonan sebagai Ketua DAD Provinsi Kalteng. Saya secara pribadi, apabila itu untuk utus Dayak, saya siap,” kata Bambang via Whatsapp, Selasa (16/3/2021).

BACA JUGA:   Balai Bahasa Kalimantan Tengah Revitalisasi Empat Bahasa Daerah

Kendati dirinya menyatakan kesiapan maju. Bambang Irawan juga mendukung nama-nama lain maju sebagai calon Ketua DAD Provinsi Kalteng. Menurut Dia, ada para tokoh yang mempunyai kualitas dan kompetensi yang mumpuni bahkan sangat berpengalaman. “Menurut saya itu juga menjadi baagian mengembangkan organisasi DAD untuk lebih maju lagi,” pungkasnya.

(gra/beritasamit)

 

(Visited 11 times, 1 visits today)