Ratusan Guru di Kotim Ikut Seleksi Calon Kepala Sekolah

KERJAKAN SOAL : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Ratusan guru serius saat mengerjakan soal tes tertulis mengikuti seleksi calon kepala sekolah di BPG Mini, Sampit.

SAMPIT – Sebanyak 136 guru jenjang PAUD, SD dan SMP berjuang agar lolos seleksi calon kepala sekolah yang diadakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Seleksi itu dipusatkan di Balai Penataan Guru (BPG) Mini Sampit.

Kepala Disdik Kotim Suparmadi mengatakan, sejumlah satuan pendidikan terutama untuk jabatan kepala sekolah banyak yang akan purna tugas sehingga diperlukan adanya seleksi untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

“Yang lolos seleksi itu nantinya akan dipromosikan untuk menjabat sebagai kepala sekolah, kita ketahui bahwa akan ada beberapa kepala sekolah yang akan purna tugas,” ucapnya pada saat membuka kegiatan, Selasa 16 Maret 2021.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Muhammad Guntur menuturkan, jumlah guru yang ikut seleksi ada 136 dan yang dicari hanya 80 orang.

“Yang kami perlukan untuk jenjang PAUD 20 orang, jenjang SD 40 orang dan jenjang SMP 20 orang, jadi totalnya hanya 80 orang,” ujarnya kepada wartawan media siber beritasampit.co.id disela-sela memantau ujian tertulis.

Guntur mengharapkan, para guru yang nantinya tidak lolos seleksi calon kepala sekolah hendaknya tidak berkecil hati. Sebab, kata dia, seleksi ini akan diadakan tahun depan.

“Bagi yang tidak lolos tahun ini masih ada harapan tahun berikutnya,” sarannya.

Seleksi untuk calon kepala sekolah inipun, tambahnya, tidak sulit pada tahun-tahun sebelumnya.

Peserta cukup melengkapi berkas administrasi dan ikut tes tertulis. Untuk tes tertulis, sambung Guntur, hanya mengerjakan 25 soal pilihan dan 5 soal uraian.

“Pengumumannya nanti bisa dilihat di kantor Disdik Kotim, Selasa 23 Maret 2021” pungkasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)