Bazar Buku Murah Perkuat Literasi Masyarakat

BAZAR BUKU : HARDI/BERITA SAMPIT - Salah satu pengunjung saat melihat buku di Bazar Cangkir Pustaka, Rabu 17 Maret 2021.

PALANGKA RAYA – Berbagai upaya tengah dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimatan Tengah (Kalteng) dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Bahkan ditengah pandemi dengan dampak atau keterbatasan aktivitas ini digelar bazar buku murah.

Bazar buku oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng tersebut bernama Cangkir Pustaka, yang dipusatkan di Palangka Mal (Palma), Kota Palangka Raya dari tanggal 12 Maret sampai 28 Maret 2021.

“Pada hari pertama kemarin peminat bazar sangat banyak dan buku yang terjual sekitar ratusan buku. Untuk jenis buku yang ada di bazar terdiri dari novel, agama dan lainnya, serta untuk jam buka bazar dari 10.00 WIB sampai 22.00 WIB,” kata Kasir Bazar Cangkir Pustaka Agus Fatoni, Rabu 17 Maret 2021.

Untuk penerbit buku dalam bazar tersebut berjumlah sekitar 500, dengan sekitar ribuan buku. Harga buku di bazar ini sangat terjangkau dari harga Rp 5.000 sampai Rp 150.000.

Sementara itu, salah atau Staf Dinas Perpustakaan Bidang IT, yang merupakan pengelola bazar Cangkir Pustaka, Febrianto Amadeus Boediman mengatakan, akses terhadap buku di Kalteng khususnya Palangka Raya masih minim, sehingga, kata dia, ini momen yang bagus untuk bisa belanja buku, sebab tidak setiap saat ada di Palangka Raya.

“Selain itu kegiatan seperti ini harus kita dukung, untuk meningkatkan informasi dan juga melatih otak supaya bisa berpikir kritis, jika kita ingin tingkat literasi masyarakat meningkat,” ucapnya. (Hardi/beritasampit.co.id).