Ketersediaan Darah Menipis, Warga Barsel Antusias Donor Darah

IST/BERITA SAMPIT - PMI Barsel melaksanakan Aksi kemanusian donor darah.

BUNTOK – Banyaknya akan permintaan darah yang tidak sebanding, dengan ketersediaan darah yang menipis di UTD RSUD Jaraga Sasameh Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Barsel, bekerjasama dengan UTD RSUD Jaraga Sasameh Buntok kembali mengadakan aksi donor darah dan terbuka bagi masyarakat umum. Selasa, 17 Maret 2021 bertempat di halaman Kantor Bupati Barsel.

Bidang Kesehatan PMI Barsel Norati Virani A.Md kepada beritasampit.co.id disela-sela kegiatan aksi donor darah tersebut mengatakan, kegiatan donor darah ini juga dalam rangka salah satu program kegiata PMI Barsel khususnya untuk bulan donor darah.

“Oleh sebab itu, maka dilaksanakanlah kegiatan donor darah ini yang dilaksanakan dilokasi titik tertentu namun tetap terbuka untuk masyarakat umum juga,”Katanya.

Dikatakannya, dalam aksi donor darah ini target kita membutuhkan sebanyak 20 kantong darah namun hanya 18 kantong darah saja yang bisa kita dapatkan dari 20 lebih pendor yang datang untuk mendonorkan darahnya dan ada beberapa pendonor yang tidak bisa diambil darahnya.

“Hal tersebut, dikarenakan ada yang HB rendah, tekanan darah yang tinggi serta tekanan darah yang rendah sehinga tidak bisa dilakukan donor darah,”Jelas Norati Virani.

Senada Kepala Biro Umum PMI Barsel Sidik Khaironi S.AP mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan donor darah ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan darah di UTD RSUD Jaraga Sasameh Buntok karena banyak pasien-pasien yang di rumah sakit memerlukan darah.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

“Sedangkan, untuk stok darah di UTD RSUD Jaraga Sasameh Buntok tidak sesuai dengan kebutuhan darah yang dibutuhkan sehingga dilaksanakanlah aksi donor darah ini,”Katanya.

Menurutnya, direncankan pula aksi serupa ini akan dilaksanakan setiap bulannya juga akan dilaksanakan di Kecamatan-Kecamatan yang jarak tempuhnya dekat dari Kabupaten yakni Kecamatan Dusun Utara (Dusut) dan Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA) dan memungkinkan untuk dilaksanakan aksi donor darah.

“Semoga saja, rencana aksi sosial kemanusian ini nantinya bisa terlaksana da didukung semua pihak,”terang Sidik Khaironi.

Terkait respon masyarakat akan kegiatan ini dikatakan Sidik Khaironi, Alhamdulillah sangat antusias dan buktinya pada hari ini sangat banyak yang datang untuk medonorkan darahnya.

Melihat animo masyarakat ini, kedepannya aksi yang sama kita usahkan untuk tetap berlanjut mengingat stok darah di UTD RSUD Jaraga Sasameh Buntok sedikit dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga sangat perlu, untuk melakukan aksi donor darah ini kembali karena memang sangat banyak yang membutuhkan darah.

“Dalam kegiatan ini, PMI Barsel juga menggandeng pihak UTD RSUD Jaraga Sasameh Buntok dan tentunya tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Ungkap Kepala Biro Umum PMI Barsel,”Jelasnya Sidik Khaironi.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Sementara itu Kepala Ruangan UTD RSUD Jaraga Sasameh Buntok Topan Satria Amd.AK mengatakan, UTD RSUD Jaraga Sasameh Buntok sendiri untuk stok darah memang sangat sedikit dan tidak sesuai dengan kebutuhan darah yang memang sangat dibutuhkan dalam setiap harinya.

Oleh sebab itu, kita bekerjasama dengan PMI Barsel mengadakan kegiatan aksi donor darah ini bgai masyarakat umum dan hasilnya sangat memuaskan karena mendapatkan sebanyak 18 kantong darah dari 20 lebih pendonor yang datang.

“Adapun dari sebagian pendonor yang datang, terpaksa tidak bisa dilakukan pendonoran dikarenakan ada yang HB rendah, tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah sehingga tidak bisa dilakukan donor darah,”bebernya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini lanjut Topan Satria, diharapkan kedepannya semakin banyak pendonor yang datang baik dari Instasi Pemerintahan, pihak perusahaan maupun masyarakat pada umumnya.

Kami juga sangat berterimakasih, dan mengapresiasi setinggi-tinggi kepada PMI Kabupaten Barsel yang telah melaksanakan aksi donor darah ini karena sangat membantu sekali bagi UTD RSUD jaraga Sasameh Buntok untuk ketersedian stok darah.

“Tentunya, sangatlah membantu sekali bagi pasien-pasien yang sangat membutuhkan darah,”Pungkas Topan Satria.

(Ded/beritasampit.co.id)