Safari Nyepi Mempererat Rasa Persaudaraan dan Kekeluargaan

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST, saat Safari Nyepi di Desa Patas I Kecamatan GBA.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Eddy Raya Samsuri, ST mengatakan, tema perayaan Hari Raya Nyepi tahun 2021 ini adalah ‘Kolaborasi Dalam Harmoni Menuju Indonesia Maju’ memiliki makna yang sangat dalam.

“Kita diajak bekerja sama untuk menuju Indonesia Maju, mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan kita,” kata Eddy Raya dalam sambutannya, saat menghadiri Safari Nyepi di Desa Patas I Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), Selasa 16 Maret 2021.

Dikatakannya, sebuah ikatan sangat penting tidak hanya untuk kalangan umat Hindu tetapi juga bagi sesama umat beragama dimanapun berada dan bagi segenap umat Hindu, nyepi memiliki arti penting untuk direnungkan.

Hakikat dan makna kehidupan, di alam fana ini juga merupakan sarana intropeksi serta evaluasi diri untuk membersihkan jiwa dari segala bentuk perilaku yang tidak baik.

Hari raya nyepi juga, memiliki makna yang sangat penting karena dalam momen nyepi itulah umat Hindu menjalankan Catur Brata Penyepian sebagai bagian dari upaya pembersihan diri untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, serta menyambut Tahun Baru Saka, dengan semangat yang baru dan jiwa yang damai dan lebih harmonis sesuai dengan nilai-nilai Tri Hita Karana.

Menurut orang nomor satu di Barsel ini, dalam Tri Hita Karana umat Hindu juga diajarkan untuk mewujudkan dan keharmonisan sesama umat manusia serta menjaga hubungan yang harmonis dengan alam semesta. Umat Hindu juga, diminta untuk selalu memegang teguh ajaran dimana semuanya berasal dari sumber yang sama yakni Tuhan Yang Maha Esa.

“Tri Hata Karana juga mengajarkan umat Hindu bahwa Sradha Bhakti pada Tuhan juga harus bisa diwujudkan dalam tindakan nyata untuk menjaga dan melestarikan alam yang ada di sekitar kita,” jelasnya.

Dalam Safari Nyepi di Desa Patas I tersebut, dihadiri seluruh Unsur Forkopimda Barsel, Assisten Pemerintahan dan Kesra, Seluruh Kepala SOPD Barsel, Camat GBA, Ketua DAD Barsel dan Ketua FKUB Barsel.

Selain itu juga dihadiri Kepala Desa Patas I,Para Damang, Mantir Adat, Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Ketua Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan dan Masyarakat Umat Hindu Desa Patas I. (Ded/beritasampit.co.id).