Pembangunan Jembatan Desa Melawen Lambat, Ini Alasan Dinas PUPR Kobar

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Kobar, Samuel.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan membangun jembatan di Desa Melawen Kecamatan Pangkalan Lada, yang direncanakan pada tahun anggaran 2022. Jembatan tersebut merupakan akses penghubung antar dusun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kobar Juni Gultom melalui Kabid Bina Marga, Samuel menjelaskan, lambatnya pembangunan jembatan yang diinginkan warga Desa Melawen tersebut, karena berdasarkan hasil survei tim, jembatan tersebut bukan masuk jalan prioritas desa.

“Jembatan kayu yang rusak di Desa Melawen merupakan akses jalan penghubung antar Dusun, dan jembatan itu bukan masuk jembatan prioritas masih ada akses jalan lain, termasuk pada saat BPBD Kobar meninjau pun. Karena itu bukan masuk jalan prioritas sehingga belum bisa dilakukan secepatnya, tetapi sudah masuk direncana kerja tahun 2022,” jelas Samuel usai mengikuti peresmian Pojok Kuliner di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan, Rabu 17 Maret 2021.

Saat ini untuk membangun jalan atau akses jembatan harus ada kejelasan status lahannya, menurut Samuel, jika lahan tersebut masuk desa maka harus ditingkatkan terlebih dahulu statusnya, agar tidak menyalahi aturan. Sebab jika tidak dirubah statusnya akan menjadi temuan pada saat pemeriksaan.

“Kalau untuk ruas jalan desa, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) meminta harus ada sertifikasi kejelasan jalan tersebut, termasuk untuk jembatan harus ada SK nya, sama halnya dengan Desa Melawen, anggarannya ada tetapi status jalannya,” ujar Samuel.

Samuel juga menambahkan, pada prinsipnya peningkatan infrastruktur merupakan program prioritas pembangunan, sehingga akses jalan yang diprioritaskan merupakan akses yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kami harapkan warga memahami, bukan kami tidak mempedulikan apa yang diinginkan warga, tetapi kita harus ikuti prosedur sesuai undang-undang, agar di kemudian hari tidak menemukan masalah,” pungkas Samuel. (Man/beritasampit.co.id).