Masuki Musim Penghujan, Dewan Ajak Jaga Kebersihan Lingkungan

KAWIT/BERITA SAMPIT - Salah satu desa di Kecamatan Kamipang, Desa Telaga rawan banjir.

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Budy Hermanto menyampaikan, bahwa memasuki musim penghujan ini diharapkan kepada masyarakat untuk memelihara sanitasi lingkungan.

Termasuk, kata Budy untuk menghindari genangan air yang dapat menyebabkan tempat kuman penyakit bersarang. Hal itu, sebagai upaya menghindai masyarakat agar tidak mudah terserang penyakit.

“Biasanya musim hujan penyakit yang bisa menimpa seperti diare, typus, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan ISPA (Inpeksi Saluran Pernapasan Akut),” ungkap Budy, Senin 21 Maret 2021.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

Menurut politisi Gerindra ini, dengan berbagai pertimbangan tersebutlah, kiranya kepada masyarakat untuk memelihara kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan terhadap air hujan karena cuaca panas dan dingin.

“Tentunya kami mengimbau kepada Pemda melalui Dinas Kesehatan untuk melakukan pemantauan kepada masyarakat terhadap dampak musim hujan yang mengakibatkan penurunan kesehatan,” tuturnya.

Dalam menghadapi musim hujan ini Pemda harus melakukan antisipasi dengan pemetaan daerah yang rawan kena banjir. Terlebih melakukan upaya pemulihan terhadap kerusakan alam akibat dampak aktivitas manusia.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Katingan Tetap Terjaga dengan Baik

“Masalah banjir perlu kita antisipasi, baik soal penangan maupun upaya antisiapi. Pasalnya, daerah rawan rendah di pinggir sungai kecil yang rawan kena banjir. Jika ada desa yang sudah kena banjir harus dilakukan bantuan cepat terhadap daerah tersebut,” pungkasnya.

(Kawit/beritasampit.co.id)