Air DAS Barito Pasang, Dewan Imbau Masyarakat Waspada Banjir

LULUS/BERITA SAMPIT- Kondisi sungai Barito

PURUK CAHU- Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura) Rahmanto Muhidin mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir, khususnya yang tinggal dibantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

“Terlebih dalam beberapa hari ini Murung Raya sering diguyur hujan. Meski demikian, intensitas hujan tidak terlalu deras, namun tetap berpotensi menimbulkan bencana banjir,” Kata Rahmanto saat konfirmasi, Senin 21 Maret 2021.

Dia juga mengingatkan instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan pihak terkait lainnya agar meningkatkan kesiagaan mengantisipasi bencana yang bisa terjadi saat musim penghujan.

“Dan bagi masyarakat yang punya rumah atau tinggal di daerah aliran Sungai Barito agar berhati-hati. Kalau air tetap naik bisa mengibatkan rumah akan terendam,” ungkap Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Dirinya menghimbau, kepada warga yang memiliki anak yang masih kecil, agar dapat lebih meningkatkan pengawasannya terhadap anaknya. Jangan sampai anak mandi banjir tanpa pengawasan orang tua, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terhadap anak.

“Pasalnya dengan musibah banjir yang terjadi ini, kadang banyak anak yang ingin mandi banjir. Hal ini disamping bisa berpengaruh terhadap kesehatan anak bisa terkena penyakit seperti gatal-gatal, sebab air tersebut tidak bersih, juga bukan tidak mungkin bisa membuat anak tenggelam,”tandasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)