Ini Kata Ketua MPR Terkait Warga Perbatasan Maluku yang belum Tersentuh Vaksinasi Covid-19

Warga Perbatasan Maluku Barat Daya (dok: Istimewa).

JAKARTA– Warga di hampir semua wilayah di Maluku yang berbatasan dengan Timor Leste, terutama tenaga kesehatan belum tersentuh vaksinasi Covid-19.

Bahkan petugas kesehatan wilayah Wetar, Lirang, dan sejumlah daerah lainnya di Maluku Barat Daya (MBD) belum terjangkau program vaksinasi.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadikan kondisi tersebut bersama pemerintah daerah (pemda) untuk dapat menambah jumlah vaksin bagi daerah bersangkutan.

“Di samping mengevaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 khususnya di pulau-pulau perbatasan Indonesia dan Timor Leste, agar diketahui kendala dan jalan keluarnya dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah tersebut,” tutur Bamsoet, Senin, (22/3/2021).

BACA JUGA:   Ketua Badan Pengkajian MPR RI Tegas Akan Hadirkan Kembali PPHN Sebagai Arah Pembangunan Nasional

Bamsoet juga meminta pemerintah dalam hal ini Kemenkes untuk dapat memberikan dukungan berupa penambahan jumlah stok vaksin kepada pemerintah daerah di perbatasan Indonesia dan Timor leste, sehingga cakupan vaksinasi di wilayah tersebut dapat ditingkatkan khususnya bagi tenaga kesehatan yang masuk ke dalam kelompok prioritas.

Bamsoet mengatakan pemerintah harus untuk terus berupaya memperbanyak pasokan/stok vaksin Covid-19.

BACA JUGA:   Mensos Tri Rismaharini Pastikan Peningkatan Kualitas Prasarana Dasar Suku Dayak Maratus

Agar, lanjut Bamsoet, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia dapat berjalan sesuai target pemerintah serta dapat mempercepat sekaligus memperluas cakupannya. Mengingat, hingga kini masalah vaksinasi Covid-19 terjadi akibat terbatasnya stok vaksin.

“Meminta komitmen pemerintah untuk terus memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sesuai dengan yang sudah ditargetkan berdasarkan kategori prioritas seperti manula dan nakes, sebagai upaya melindungi kelompok yang paling beresiko tinggi terpapar Covid-19,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)