Kaum Milenial Kalteng Harus Bangkit Bangun Usaha Kreatif

IST/BERITA SAMPIT - Drs. H. Mukhtarudin, Anggota Komisi VI DPR RI.

PANGKALAN BUN – Saat pandemi Covid-19 yang berdampak pada setiap sektor dan pembangunan ini, saatnya pemuda khusus di Kalimantan Tengah (Kalteng) bangkit membangun usaha.

Menurut Drs. H. Mukhtarudin Anggota Komisi VI DPR RI dari Partai Golkar, Daerah Pemilihan Kalteng, pemuda bahkan harus bisa menciptakan usaha kreatif lainnya yang nantinya dapat berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan rakyat.

Hal ini disampaikan Mukhtarudin, Senin 22 Maret 2021 usai memberi sambutan pada acara Bimbingan Teknik Wirausaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) se-Provinsi Kalteng.

Bintek Wirausaha IKM tersebut diselenggarakan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian RI, beserta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kegiatan Bintek Wirausaha ini berlangsung selama 5 hari mulai Senin, 22 Maret 2021 sampai 26 Maret 2021, yang diikuti oleh 55 orang peserta. Pembukaan Bimtek berlangsung di Hotel Aquarius, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

BACA JUGA:   DPRD Sering Mengimbau Relokasi Pemukiman, Eh...Malah Warga Bangun Rumah Baru Dilokasi Banjir

Pada masa kondisi perekonomian yang sulit masa pandemi Covid-19 saat ini, Industri Kecil dan Menengah yang menjadi salah satu sektor usaha strategis kini terkena imbasnya. Maka dengan digelarnya Bintek, diharapkan seluruh kelompok wirausaha Industri Kecil Menengah, bisa bangkit kembali.

Kata Mukhtarduin, tumbuh dan berkembangnya wirausaha IKM tergantung dari semangat para pelaku usahanya. “Disaat pandemi Covid-19 masih banyak para pelaku usaha IKM yang usahanya maju, karena pelaku usahanya gigih mau bekerja keras,” ujarnya.

Bintek Wirausaha IKM, selain membuka kesempatan kerja juga dapat menjadi penggerak roda ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuannya, untuk memberdayakan dan juga meningkatkan pengetahuan serta keterampilan berusaha bagi para peserta, sehingga diharapkan dapat membuka lapangan kerja, meningkatkan daya saing, serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

BACA JUGA:   Ratusan Personel Tim Gabungan Dikerahkan Amankan UCI MTB

Bimtek Wirausaha IKM yang dilaksanakan kali ini meliputi 3 kegiatan usaha, yaitu Bimtek Wirausaha IKM Kopi, Bimtek Wirausaha IKM Pembuatan Web dan Bimtek Wirausaha IKM Konveksi. Peserta juga dibekali dengan materi Perizinan oleh Dinas PTSP, materi Perbankan/KUR oleh BRI, dan materi Kewirausahaan.

Kegiatan Bimtek Wirausaha IKM sudah berlangsung 3 kali, sebelumnya telah diadakan di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kota Palangka Raya, dan akan dilanjutkan berikutnya di Kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah secara bergantian. (Man/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)