Berkat TMMD, Warga Saka Lagum Tak Lagi BAB di Sungai

KUALA KAPUAS – Untuk menjaga lingkungan tetap bersih serta merubah kebiasaan warga masyarakat Desa Saka Lagum, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Satgas TMMD ke 110 Kodim 1011/Klk membuat jambanisasi.

Jambanisasi itu dibuat untuk masyarakat guna mencegah warga membuang kotoran di aliran sungai. Karean sungai merupakan sumber kehidupan warga di Desa Saka Lagum Lagum.

Kapenrem 102/Pjg Mayor Inf Mukalil mengatakan, selain untuk merubah kebiasaan warga yang kurang baik dengan membuang Kotoran dialiran sungai, pembuatan jamban juga bertujuan untuk menjaga air sungai tetap bersih dan tidak tercemar oleh limbah kotoran manusia.

“Sehingga air sungai dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lain seperti untuk mandi, mencuci dan lainnya,” terangnya.

Kapenrem menyampaikan, selain membuatan Jamban untuk warga, personel Satgas TMMD juga memberikan edukasi tentang cara hidup sehat kepada warga, serta menyampaikan tentang bahaya membuang air besar sembarangan.

Salah satu dampaknya yakni dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti diare, gatal-gatal, muntaber dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh penggunaan air yang sudah terkontaminasi dengan kotoran.

“Sehingga betapa pentingnya bagi masyarakat untuk membuang kotoran di jamban yang memiliki standar kesehatan, bukan sembarang tempat. Sehingga dengan adanya jambanisasi untuk masyarakat diharapkan mampu menekan penyakit yang disebabkan oleh air yang kurang bersih,” jelas Mukalil.

Sementara itu, Burhan salah satu warga Desa Saka Lagum mengatakan sangat berterima kasih kepada TNI AD yang peduli dengan lingkungan dan masyarakat setempat. “Saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan terimakasih kepada TNI AD yang telah membuatkan Jamban yang memenuhi standar kesehatan buat keluarga kami, sehingga kami dan keluarga tidak susah-susah lagi membuang air besar ke sungai lagi,” ucapnya.

Sementara itu Kapala Desa Saka Lagum, Zulkifli menyampaikan apresiasi kepada TNI AD khususnya Kodim 1011/Klk yang telah melaksanakan kegiatan TMMD di desanya. “Kegiatan yang dikerjakan oleh Satgas TMMD sangat bermanfaat buat warga kami, diantaranya pembuatan Jamban yang dilakukan oleh Satgas mampu merubah kebiasaan warga membuang kotoran di aliran sungai beralih membuang kotoran ke Jamban yang memenuhi standart kesehatan,” ungkapnya. (din)