Literasi Bukan Hanya Sebatas Buku, Ini Literasi Penting Dilestarikan

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan Inovasi Literasi Euroweek Indonesia.

PALANGKA RAYA – Inovasi Literasi merupakan wadah anak muda untuk berbagi kisah inspiratif, menunjukan bakat, bahkan memotivasi anak muda yang lain untuk menjadi seorang generasi yang tidak hanya cerdas, namun kreatif dan bisa berpikir secara kritis.

Demikian disampaikan Fenny salah satu Anggota Euroweek Indonesia sekaligus panitia Kegiatan Inovasi Literasi di Kalimantan Tengah, Selasa 23 Maret 2021 di Palangka Raya.

Sebelumnya pada Sabtu, 20 Maret 2021, kata Fenny, sudah dilakukan kegiatan Inovasi Literasi dengan tema “Let’s Travel to Literacy World” dan Bincang Literasi. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Euroweek School of Leader Indonesia bersama Kalteng Cerdas, yang dilaksanakan di Atrium Palangka Raya Mall sekaligus mempromosikan Gebyar Bazaar Buku Murah Palangka Raya, Sabtu 20 Maret 2021 18.00 sampai 20.00 WIB.

BACA JUGA:   Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga, Yuas Elko: Upaya Stabilisasi Harga Pangan Jelang Hari Besar

“Kami juga mengundang dua nasumber dari luar kota, yakni Rayhan Sudrajat yang merupakan ethnomusicologist berasal dari Bandung, dan Tenny Clemenstine yang merupakan drummer sekaligus musisi berasal dari Jakarta,” katanya.

Dalam kegiatan itu, para narasumber memberikan sambutannya seperti Rayhan Sudrajat. Dia mengatakan, literasi bukan hanya sebatas bahasa Indonesia saja, bahkan bahasa daerah dan sastra pun tergolong literasi yang perlu dilestarikan. Karena dalam bahasa daerah, tidak hanya kemampuan dalam berbahasa saja, namun kemampuan menuturkannya juga perlu diperhatikan.

BACA JUGA:   PMI Kalteng Apresiasi PMI Gunung Mas Berikan Layanan Sosial Operasi Katarak Gratis

Selain itu Fenny ke Kota Palangka Raya untuk memberikan pengalaman dan edukasi terkait bermusik. Sehingga dirinya berharap, akan lahir musisi-musisi hebat dari Palangka Raya yang bisa mendunia, dan juga diharapkan menumbuhkan semangat wanita-wanita untuk berkarir menjadi seorang musisi. (Hardi/beritasampit.co.id).