Semangat Pembangunan NURANI Saat Pandemi Covid-19 (Bagian 2)

Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah - Ahmadi Riansyah (NURANI).

SETELAH beberapa kawasan destinasi wisata kembali dibuka seperti obyek wisata TNTP dan arena pesisir Pantai Kubu sampai ke pesisir Teluk Bogam Raya Kecamatan Kumai, pada masa pandemi Bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah menyempatkan berkunjung ke obyek wisata kedua setelah TNTP, yakni Suaka Margasatwa (SM) Lamandau.

Kawasan SM Lamandau juga salah satu kawasan konservasi yang dikelola oleh BKSDA SKW II Kalimantan Tengah, yang kantornya ada di Pangkalan Bun. Lokasi ini bisa ditempuh dari Dermaga Kampung Sega Waterfromt City Kelurahan Mendawai, Kota Pangkalan Bun dengan menggunakan speed boad hanya sekitar 20 menit.

Bupati, Nurhidayah dan Wakil Bupati, Ahmadi Riansyah pada masa pandemi Covid-19 juga aktif menelusuri sejumlah pembangunan yang saat awal pandemi vakum beberapa bulan belum dilanjutkan yang kemudian kembali dilanjutkan, seperti pembangunan Rumah Jabatan Bupati, Gedung Serba Guna dan Gedung Sport Center serta pembangunan lainnya.

Kemudian pasangan NURANI ini saat pandemi Covid-19 tahun 2020 juga melakukan terobosan-terobosan penyediaan pasar untuk para pelaku UMKM dengan cara memanfaatkan teknologi informasi melalui Dinas Kominfo, salah satunya menciptakan pasar berniaga secara online.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Tinjau Vaksinasi Massal di Kobar

Terobosan-terobosan tersebut dipaparkan Bupati Hj. Nurhidayah dalam rapat koordinasi Bupati se-Kalteng yang disaksikan Gubernur Kalteng. Terobosan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para Bupati dan Wali Kota.

Masa pandemi Covid-19 tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Kobar kerjasama dengan jajaran Polres Kobar, hasilnya Desa Pangkalan Satu Kecamatan Kumai berhasil meraih Juara Lomba Desa Pantang Mundur Se-Kalteng.

Memang kenyataan, pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020 bagi Bupati dan Wakil Bupati Kobar (NURANI), dengan kiprahnya memanfaatkan teknologi informasi melalui online bukan hanya dimanfaatkan bagi pelaku UMKM. Bupati memberi kesempatan harus terus bergerak, seperti layanan Host to Host e-BPHT secara online, yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah (BPD).

Kemudian Bupati Nurhidayah juga meresmikan ‘Pojok Kependudukan Kampung KB’ di 2 Desa yakni Desa Keyara, Kecamatan Kumai dan Desa Kumpai Batu Bawah Kecamatan Arut Selatan. Disusul dengan launching system pemantau kualitas udara Air Qualiti Monitoring System (AQMS) di Simpang 5 Tugu Garuda Pancasila-Pangkalan Bun.

BACA JUGA:   Pasien Covid-19 di RSSI Pangkalan Bun Tinggal 19 Orang

Sementara disaat banjir melanda Kabupaten Kobar pada Juli 2020, Bupati dan Wakil Bupati Kobar bersama seluruh jajarannya juga Polres, Kodim 1014 gencar membagikan sembako kepada para korban banjir.

Hingga Idul Adha tahun 2020, yang masih masa pandemi Bupati, Nurhidayah juga menyalurkan 92 ekor Sapi Qurban dari berbagai donator di Kabupaten Kobar dan 22 ekor sumbangan dari Gubernur Kalteng.

Bahkan, Bupati dan Wakil Bupati Kobar juga menggelar ground breaking peluncuran Inovasi Pembiayaan Infrastruktur Jalan, yang digelar dengan Dinas PUPR di Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arsel.

Di sektor pembangunan transportasi, melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun Pemkab Kobar berhasil kembali mendapat kepercayaan dari salah satu investor yakni Maskapai Penerbangan ‘Xpressair’ dengan rute Pangkalan Bun-Yogyakarta. (BERSAMBUNG).