Ketua MPR Soal 4 Tujuan Strategis BUMN: Sebagai Momentum Perkuat Ketahanan dan Kemandirian

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.(dok: pribadi).

JAKARTA– Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyusun empat tujuan strategis dari ketahanan dan kemandirian kesehatan menuju Indonesia emas 2045.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung upaya Kementerian BUMN tersebut, dan dihadapkan dapat merealisasikan empat tujuan strategis dari ketahanan dan kemandirian kesehatan tersebut.

“Dan dengan adanya tujuan strategis tersebut diharapkan dapat meningkatkan peran kontribusi Indonesia di bidang kesehatan baik di tingkat regional maupun global,” tutur Bamsoet, Jumat, (26/3/2021).

BACA JUGA:   BNPB Segera Turunkan Tim Kaji Penyebab Banjir di Kalteng

Eks Ketua DPR itu juga meminta pemerintah dalam hal ini Kemenkes agar dapat menerjemahkan empat strategis dalam program kerjanya serta menjadikan pandemi Covid-19 sebagai momentum memperkuat kemandirian dan ketahanan di bidang kesehatan.

“Mengingat, Indonesia saat ini dinilai memiliki tantangan dalam mewujudkan kemandirian kesehatan, seperti keterbatasan sumber daya manusia (SDM), bahan obat-obatan dan alat kesehatan,” imbuhnya.

Untuk itu, Politisi Golkar bilang Kemenkes terus berupaya memperbaiki tata kelola di bidang kesehatan, terutama pentingnya pemerataan tenaga kesehatan di daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T). Mengingat, salah satu unsur penting dalam memiliki ketahanan dan kemandirian adalah SDM yang terampil dan unggul.

BACA JUGA:   Jadi Ancaman Terbesar Keamanan Nasional, Anis Matta: Isu Perubahan Iklim Agenda Utama Partai Gelora

“Meminta pemerintah untuk dapat memperkuat riset bidang kesehatan di Indonesia, sebagai salah satu upaya peningkatan pengembangan kemampuan SDM dan peningkatan alat-alat kesehatan serta obat-obatan, mengingat hal ini sangat vital bagi upaya Indonesia membangun kemandirian kesehatan,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)