Awal April! Bupati Kotim Temui Menteri Perhubungan, Bahas Soal Sungai Mentaya

IST/BERITA SAMPIT - Sungai Mentaya, di Kota Sampit.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor bertolak berencana akan bertemu dengan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Agenda pertemuan tersebut untuk membahas rencana pengerukan Sungai Mentaya.

Halikin mengatakan dirinya akan bertemu Menteri Budi Karya Sumadi beserta sejumlah Dirjennya. Diagendakan pertemuan itu akan dilakukan tanggal 7 April mendatang.

“Tanggal 7 April rencananya saya akan bertemu dengan Menteri Perhubungan dan Dirjen-nya. Kami akan mengumpulkan pemilik perusahaan sawit. Ini terkait rencananya pengerukan alur Sungai Mentaya untuk membuat tol laut supaya tonase kapal yang bisa lebih besar,” ungkap Halikin, Selasa 30 Maret 2021.

BACA JUGA:   Mengeluh Jalan di Mentaya Hulu Rusak, Netizen: Tidak Usah Menuntut Suara Kalian Sudah Dibeli

Saat ini menurutnya Kotim masuk ke dalam program pemerintah pusat dalam yaitu master plan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) untuk koridor Kalimantan.

“Sehingga setiap tahun akan dilakukan pengembangan terhadap pelabuhan yang ada. Potensi sektor kepelabuhanan Kotakm sangat besar, bahkan daerah kita telah disebut-sebut sebagai pintu gerbang perekonomian Kalimantan Tengah,” kaya Halikin

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Sampaikan Laporan LKPJ Anggaran 2023 dalam Rapat Paripurna

Meski demikian, ia menyayangkan laju peningkatan sektor kepelabuhanan terhambat oleh pendangkalan alur Sungai Mentaya yang kondisinya semakin parah.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan, pendangkalan muara dan alur Sungai Mentaya semakin parah dan dirasakan sangat mengganggu kelancaran lalu lintas kapal barang dan penumpang karena harus menunggu air pasang.

(jmy/beritasampit.co.id)