Akhirnya, Lima Desa di Dusun Hilir Bisa Nikmati Listrik 24 Jam

IST/BERITA SAMPIT - Foto bersama usai peresmian penyalaan listrik 24 jam di lima desa Kecamatan Dusun Hilir, oleh Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST.

BUNTOK – Listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Desa Teluk Timbau, Damparan, Lehai, Mangkatir dan Desa Kalanis Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) kini bisa menyala 24 jam, bahkan telah diresmikan langsung Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST, Rabu 31 Maret 2021 di Desa Kalanis.

Eddy Raya dalam sambutannya mengatakan, listrik merupakan kebutuhan dasar untuk menggerakkan roda perekonomian, mengingat setiap aktifitas perekonomian membutuhkan listrik untuk mengaktifkan perangkat elektronik.

“Perkembangan teknologi elektronik juga telah memberikan kemudahan kepada manusia untuk mencapai tujuannya secara efektif dan efisien, sehingga menjadikan infrastruktur listrik sebagai kategori sarana vital,” katanya.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Menurut Dia, berhasilnya pembangunan infrastruktur listrik hingga ke tingkat desa tidak terlepas dari dukungan serta kerjasama berbagai pihak di Barsel, bahkan juga setiap tahun.

Pemkab Barsel selalu mengajukan usulan kepada PT. PLN agar dapat membangun jaringan listrik ke seluruh desa di Kabupaten Barsel yang belum mendapatkan fasilitas listrik, terutama desa-desa yang sudah memiliki akses jalan darat.

“Sementara, untuk desa yang belum mempunyai akses jalan darat kami upayakan dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya sambil terus melakukan pembangunan infrastruktur jalan darat untuk menuju jaringan listrik PT. PLN,” terang Eddy Raya.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

Saat ini dari 86 desa yang ada di Kabupaten Barsel, sebanyak 62 desa telah mendapatkan akses listrik dari PLN bahkan juga pada tahun 2021 ini.

Bahkan, Pemkab Barsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan pembangunan tower listrik untuk menyeberangkan jaringan listrik dari Desa Lehai ke Kelurahan Mangkatip.

“Oleh karena itu masih diperlukan kerjasama dari PT. PLN untuk dapat melanjutkan pembangunan jaringan listrik dari desa Lehai ke Kelurahan Mangkatip,” tukas Eddy. (Ded/beritasampit.co.id).