Ini Prakiraan Cuaca Sepekan Depan, BMKG Palangka Raya Minta Masyarakat Waspada

IST/BERITA SAMPIT - Prakirawan Cuaca BMKG Palangka Raya Rahmat Alfandy, S.Tr.

PALANGAKA RAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, bahwa wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan petir/kilat dan angin kencang.

Prakirawan Cuaca BMKG Palangka Raya Rahmat Alfandy menjelaskan bahwa, selama satu pekan ke depan, secara umum wilayah Kalteng untuk kondisi atmosfernya terdapat labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal, yang berarti di wilayah Kalteng potensi pembentukan awan hujannya masih cukup kuat.

“Hal tersebut terlihat dari prakiraan cuaca untuk hari ini, dimana hampir seluruh wilayah Kalteng berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang, terkecuali di wilayah Murung Raya dan Barito Utara yang umumnya berawan,” terang Rahmad Alfandy, Kamis 1 April 2021.

Menurutnya, untuk besok sebagian wilayah Kalteng secara umum hanya akan berpotensi berawan, dan hanya beberapa wilayah yang berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang yaitu wilayah Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur dan Barito Selatan.

Kemudian tambah Alfandy, untuk lusa dan seterusnya di sebagian besar wilayah Kalteng di prakirakan masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

“Dengan tinggi nya intensitas hujan, Sahabat Budaya diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat/petir dan pohon tumbang,” ungkap Rahmat Alfandy. (M.Slh/beritasampit.co.id).