Lonjakan Harga Jelang Ramadan, Disdagprin Akan Turun Kelapangan

Situasi Pasar di Kota Sampit.

SAMPIT – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kotawaringin Timur (Kotim) akan segera melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dalam waktu dekat. Hal ini untuk memantau harga komoditas di pasaran.

“Sidak pasar tersebut kami lakukan untuk memantau harga kebutuhan pokok di bulan Ramadan pada tahun ini. Sidak itu dilakukan oleh pihaknya untuk melihat ketersediaan bahan pokok di pasaran, dan pengecekan harga,” ungkap Kepala Disdagprin Zulhaidir, Rabu, 31 Maret 2021.

BACA JUGA:   Seorang Pekerja KM Kirana III Diduga Tewas Usai Meneguk Miras

Pihaknya juga akan melakukan pengecekan kepada sejumlah distributor barang atau pemasok. Sehingga, dapat mengantisipasi kenaikan harga yang cukup tinggi yang memberatkan masyarakat.

“Karena pada Ramadan atau jelang hari raya Idul Fitri, ada lonjakan harga. Dan hal itulah yang kami upayakan agar tidak terjadi nantinya. Lonjakan harga bahan pokok saat Ramadan sudah hampir setiap tahun terjadi. Hal itu dikarenakan banyak masyarakat yang memerlukan sembako atau bahan pokok lainnya,” sebutnya

BACA JUGA:   Sinyal Pelantikan Pejabat di Kotim Semakin Kuat, Mulai Ada Yang Pamitan

Sehingga, kata Zulhaidir, terkadang hal tersebut menjadi kesempatan bagi oknum penjual untuk menaikan harga bahan pokok. Hal tersebut cukup memberatkan masyarakat. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih melanda Kotim. Sehingga perekonomian masyarakat juga tidak stabil.

(Jmy/beritasampit.co.id)