Usulan Mukhtarudin Dipenuhi Maskapai Citilink, Penerbangan Rute Pangkalan Bun Mulai Buka 10 April

ILUSTRASI : MAN/BERITA SAMPIT - Citilink buka rute penerbangan tujuan Jakarta - Pangkalan Bun - Semarang.

PANGKALAN BUN – Maskapai penerbangan Citilink kini melayani penerbangan ke wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu rute Jakarta – Pangkalan Bun – Semarang.

Awalnya usulan ini disampaikan oleh Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Dapil Kalteng, Drs. H. Mukhtarudin kepada Managemen Maskapai Penerbangan Citilink, yang disambut baik oleh Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo.

“Alhamdulillah, setelah saya mengusulkan tidak beberapa lama Bapak Juliandra Nurtjahyo menginformasikan kepada saya, bahwa perusahaan penerbangannya yakni Citilink siap akan membuka rute Jakarta – Pangkalan Bun/PP,” kata Mukhtarudin, saat dikonfirmasi, Jumat 2 April 2021.

Menurut Mukhtarudin, langkah Managemen Citilink sangat tepat, apalagi penerbangan tersebut ditambah dengan kota tujuan Semarang, karena Bandara Iskandar Pangkalan Bun tidak hanya melayani untuk penumpang warga Pangkalan Bun saja, akan tetapi juga melayani warga kabupaten tetangga, seperti Kabupaten Lamandau, Sukamara, Seruyan dan juga Ketapang Provinsi Kalbar.

Menurutnya, yang tidak kalah pentingnya juga, bahwa Kobar merupakan kota berkembang dan juga kota bisnis. Pelaku bisnisnya memerlukan kecepatan dan ketepatan dalam berbisnis, sehingga dibutuhkan penerbangan yang langsung dari Pangkalan Bun tujuan Jakarta sebaliknya.

Terpisah H. Zuber Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun, saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwa dirinya selaku Kepala Unit Penyelenggara Bandara Iskandar Pangkalan Bun mengucapkan terima kasih atas dukungan bapak Mukhtarudin Anggota Komisi VI DPR RI.

“Atas dukungannya beliau, sehingga  beroperasinya Pesawat Citilink di Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Adapun sesuai slot time yang telah diajukan kepada kami rencana penerbangan mulai tanggal 10 April 2021 dengan rute penerbangan Semarang – Pangkalan Bun – Halim Perdanakusuma (PP) dengan jenis pesawat ATR seri 600,” kata Zuber.

Kata Zuber, setelah adanya kekosongan penerbangan Pangkalan Bun tujuan Jakarta sejak pandemi Covid-19. Maka Maskapai Trigana dan Nam Air, bulan April kembali untuk memenuhi permintaan masyarakat Kotawaringin Barat.

“Juga untuk Bulan April ini ada Nam Air yang akan melanjutkan penerbangan dari Pangkalan Bun tujuan Jakarta PP dimulai Tanggal 15 April 2021, dengan Boeing 737-500,” imbuhnya.

Dia menambahkan, seluruh jajaran aparat yang bertugas di Bandara Iskandar tetap melaksanakan protokol kesehatan. Begitupula pengawasan terhadap para penumpang yang datang dan pergi, di lokasi Bandara semakin ditingkatkan. (Man/beritasampit.co.id).